6 Fitur Tersembunyi Google Playstore yang Perlu Kamu Ketahui!

6 Fitur Tersembunyi Google Playstore yang Perlu Kamu Ketahui!
Google Play Store memiliki fitur tersembunyi, apa itu?
Sudah tak terbantahkan lagi bahwa pengguna ponsel di seluruh dunia semakin menjamur (sangat banyak). Mulai dari kalangan anak-anak, orang dewasa, orang tua, banyak dari mereka sudah terbiasa menggunakan ponsel.

Kebanyakan ponsel yang mereka gunakan sebagian besar mengadopsi sistem operasi milik Google Inc, yaitu Android. Hampir setiap vendor yang merilis jenis ponsel baru menggunakan sistem operasi Android ini.

Bisa di bilang, Android memang sedang merajai OS Mobile di seluruh dunia. (Paling tidak, untuk saat ini)

Toko aplikasi android, Playstore...

Bagi kamu yang merupakan salah satu pengguna ponsel cerdas (android) tersebut, tentu sudah tidak asing lagi dengan toko aplikasi yang bernama Google Playstore tersebut.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya Google Playstore yang sering kamu gunakan itu ternyata mempunyai fitur tersembunyi?

Di bawah ini merupakan fitur tersembunyi yang saya maksud.

1. Beta Communities

Jujur saja, apakah kamu merasa bahwa aplikasi yang tersedia pada Playstore tersebut sudah sangat banyak? (di banding toko aplikasi pesaing, misalnya App Store, Windows Store, Ovi Store, dll)

Jika menurutmu sudah SANGAT BANYAK, itu memang benar. (Kenyataannya memang Aplikasi & Game yang tersedia pada Playstore tergolong sudah cukup MEMBLUDAK/SANGAT BANYAK)

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa aplikasi yang tersedia pada Playstore tersebut “sebenarnya” belum semuanya di tampilkan?

Yang kamu lihat pada Playstore ponselmu sebenarnya hanyalah “sebagian” dari aplikasi “Final” yang sudah di rilis. (Aplikasi dirilis jika memang sudah layak untuk di gunakan oleh pengguna ponsel umum/konsumen)

Artinya, beberapa aplikasi yang sudah terdaftar pada Google Playstore masih berstatus “hidden” yang tentu saja tidak dapat di akses oleh pengguna biasa.

Mengapa bisa berstatus hidden? Sebab, aplikasi tersebut sedang dalam masa pengembangan oleh developer (Beta) dan terus di lakukan perbaikan hingga aplikasi di nyatakan layak untuk di gunakan.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi ini, kamu di haruskan untuk bergabung terlebih dahulu di Beta Community Google+.

2. The People Section

Fitur ini jarang sekali di pakai oleh pengguna awam ketika melakukan penjelajahan aplikasi di Playstore.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, fitur ini sangat bermanfaat untuk mengetahui penilaian aplikasi berdasarkan rekomendasi dari orang lain yang telah memakainya terlebih dahulu.

UPDATE:

Fitur ini sekarang sudah tertera di bagian bawah aplikasi yang tentu saja akan mudah terlihat oleh pengguna awam sekalipun. (Silahkan manfaatkan untuk mengetahui seberapa bagus/tidaknya suatu aplikasi)

3. Fitur Wishlist

Fitur yang satu ini berguna untuk menyimpan data film, buku, serta aplikasi dari Playstore yang kemudian bisa kamu install di lain waktu. (mirip Bookmark)

(Sangat-sangat jarang di gunakan)

4. Explicit Content

Fitur ini berfungsi untuk membatasi konten apa saja yang boleh di tampilkan pada aplikasi Playstore

(sangat-sangat berguna bagi orang tua yang ingin menjauhkan konten tidak pantas bagi anaknya)

5. Automatic Update

Di lihat dari namanya, pasti banyak dari kamu yang membaca artikel ini sudah mengetahuinya.
Secara default, Playstore akan memperbarui berbagai aplikasi yang terpasang secara otomatis.

Bagi orang awam, kemungkinan besar meraka tidak mengetahui hal ini. Oleh karena itu, saran dari saya segera matikan fitur ini untuk menghemat kuota internet kamu. (ada di dalam pengaturan Aplikasi Playstore)

6. Ada lagi kah?

Poin-poin yang saya sebutkan di atas, kemungkinan bisa berubah kapan saja seiring dengan berkembangnya ketentuan/algoritma dari Google Inc.

Dan bagi kamu yang mempunyai saran lain mengenai fitur tersembunyi lainnya yang mungkin saja belum saya sebutkan, tidak ada salahnya untuk menuliskannya melalui komentar.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai 6 Fitur tersembunyi Google Playstore yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih

Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat