advanced web statistics 15 Aplikasi Browser Internet yang Paling RINGAN PC/Laptop TERBAIK - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

15 Aplikasi Browser Internet yang Paling RINGAN PC/Laptop TERBAIK

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
15 Posisi Browser Internet dari yang Berat Hingga yang Paling Ringan dan powerfull
Menurutmu, manakah browser internet paling ringan?
Waktu pertama kali mengenal komputer, Mozilla Firefox adalah Browser Internet yang paling sering saya gunakan. Maklum, karena cuma browser itulah (Mozilla Firefox) yang sudah ada/terinstall di komputer pribadi.

Tips : 10 Posisi OS Windows dari yang Terberat Hingga yang Paling Ringan!

Jujur, (kala itu) saya belum mengetahui kalau ternyata ada banyak sekali Browser Internet yang bertebaran di “Dunia Maya”.

Mereka (para developer) saling berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah aplikasi Browser Internet  ringan terbaik dari yang terbaik, sekaligus “menunjukan” bahwa Browser milik merekalah yang paling pantas untuk di gunakan.

15 Posisi Browser Internet RINGAN & TERBAIK...

Itu dulu, tapi sekarang “lumayan” berbeda.

Saat ini, saya justru sering melakukan perbandingan peforma dari “maha karya” yang telah di ciptakan oleh para developer yang sangat hebat tersebut. (Misal, Windows, Ubuntu, RemixOS, Office, WPS, dll)

Baiklah, sepertinya cukup itu saja basa-basinya. Langsung saja di bawah ini sudah saya tuliskan “urutan” dari beberapa Browser Internet dari yang berat hingga yang paling ringan.

Semoga kalian tidak cepat bosan membacanya.

1. Web Browser K-Meleon

aplikasi browser paling lambat untuk komputer
K-Meleon
Saya yakin, pasti banyak di antara kamu-kamu yang belum pernah mendangar nama browser ini. Sudah jelas, hal tersebut kemungkinan besar karena sangat sedikitnya jumlah pengguna dari Browser K-Meleon.

Web Browser ini sudah menyediakan beberapa fitur umum layaknya sebuah browser internet. Namun jika di bandingkan dengan web browser lain, K-Meleon masih tertinggal cukup jauh dalam hal performance & optimization.

2. Waterfox

silahkan coba sendiri, browser paling ringan untuk komputer
Waterfox
Browser ini memiliki nama yang hampir mirip dengan Mozilla Firefox (satu kubu yang sama). Walaupun keberadaannya tidak setenar Mozilla Firefox, akan tetapi browser ini telah di unduh mencapai 3 juta copy.

Untuk peforma & fitur, (bagi saya) tergolong masih jauh dengan browser-browser lainnya. (mungkin karena jarang di lakukan update/perbaikan oleh developernya)

3. Maxthon Cloud

silahkan coba sendiri, browser paling ringan untuk komputer
Maxthon Cloud
Dari segi tampilan, jika di lihat sekilas browser ini hampir menyerupai browser fenomenal dari Google Inc. (Chrome)

Satu-satunya kelebihan yang (bagi saya) cukup membantu adalah tersedianya tool downloader sederhana yang akan memudahkan kamu dalam mengunduh file video streaming. (misalnya, Youtube, Vidio.com, dll)

4. Flock Browser

browser paling lambat untuk komputer dan android
Flock Browser
Masih satu kubu dengan Mozilla Firefox, software browser yang bernama Flock Browser ini lebih mengutamakan bagian “Social Media Online”.

Dengan bantuan browser ini, maka kamu bisa tetap terupdate dengan media sosial populer seperti Facebook, MySpace, Flickr, twitter, dan lain-lain. (sangat bermanfaat bagi kamu yang penggila sosial media)

5. Comodo Dragon

browser internet dengan tampilan yang keren
Comodo Dragon
Mendengar namanya saja, sudah terbayang di benak pikiran yang menggambarkan binatang kadal raksasa yang sangat buas.

Namun ternyata bukan begitu. Software dengan nama Comodo Dragon ini adalah Browser internet yang tergolong cepat, karena menggunakan mesin yang sama dengan Google Chrome. (Chromium)

6. Avant Browser

tampilan browser yang flat, hampir mirip dengan google chrome
Avant Browser
Software Avant Browser memiliki sistem cara kerja yang unik, yaitu akan menyesuaikan spesifikasi PC/Laptop yang kamu gunakan, agar kinerja dan fiturnya pun bisa berjalan dengan seimbang.

Untuk bagian fitur dan dukungan ekstension, mungkin masih tergolong sedikit jika kamu sudah terbiasa menggunakan browser unggulan seperti Firefox, Chrome, Opera, dll. (Browser sejuta umat)

Tidak ada salahnya untuk mencoba browser yang unik ini.

7. Baidu Browser

tampilan browser cukup memukau
Baidu Browser
Daya tarik utama dari browser ini yaitu telah di bekali dengan tool downloader yang telah terpasang secara default (hampir sama seperti Maxthon Cloud). Tentu saja hal tersebut akan memudahkan si penggunanya.

Sangat cocok bagi pengguna yang tidak mau repot menginstall Internet Download Managar. (Misalnya, anak-anak yang baru mengenal komputer seperti saya dahulu)

Atau, bisa juga untuk orang-orang (sadar) yang merasa risi jika menggunakan software bajakan. (Ingin berpaling dari IDM versi Pak Tani/Bajakan)

8. UC Browser

browser pendatang baru yang mampu bersaing dengan browser unggulan lainnya
UC Browser
Hampir sama dengan Baidu, aplikasi UC Browser ini juga sudah terintegrasi dengan tool downloader yang akan memudahkan kamu dalam melakukan kegiatan unduh-mengunduh.

Untuk bagian fitur, jangan di tanya. (super lengkap)

9. Internet Explorer

browser cepat bawaan windows
Internet Explorer
Browser internet bawaan dari OS Windows ini sebenarnya cukup cepat, namun sepertinya hanya sedikit yang menyadarinya. (mungkin tergeser karena kalah pamor dengan browser saingan lainnya)

Biasanya, Internet Explorer ini saya gunakan sebagai cadangan apabila dalam keadaan darurat saja. (Anonimous Mode)

Tidak perlu install manual, sebab sudah otomatis terinstall bagi pengguna OS Windows. (bawaan pabrik)

10. Microsoft Edge

browser cepat bawaan windows 10
Microsoft Edge
Membawa kesan tampilan yang flat (datar), putih bersih, serta bantuan dari Brand “Microsoft”, tentunya akan menambah potensi besar melejitnya browser yang satu ini. (saya cukup suka dengan ciri khas tampilan flat ini)

Sedangkan untuk peforma & fitur tergolong masih kalah jauh dengan Firefox atau pun Google Chrome. Saya bilang begitu, karena browser ini sangat sering mengalami “hang” jika membuka banyak tab sekaligus.

Paling tidak untuk saat ini, dan tentunya masih terus di kembangkan bersama dengan induknya, yaitu si Windows 10. (Semoga semakin di depan)

11. Safari

Browser bawaan Mac OS dari Apple
Internet Safari
Jujur, saya agak merasa aneh dengan browser yang bernama Safari ini. Sebab, peforma yang dihasilkan pada versi OS Windows menurut saya cukup “kacau” jika di bandingkan dengan versi Mac OS.

Jika kamu menggunakan Browser Safari pada OS Windows, bisa saya katakan peformanya “kurang” memuaskan. Akan tetapi untuk versi OS Mac, saya akui memang cukup bagus dan mampu bersaing dengan lainnya.

Paham apa yang saya maksud?

Silahkan coba sendiri saja.

12. Opera

sempat merajai pasar mobile
Opera Browser
Browser Opera (mini) sempat merajai sebagai browser ponsel selular yang paling banyak di gunakan di seluruh dunia. (itu dulu)

Untuk yang sekarang, Browser Opera mungkin “hampir” kalah saing dengan browser unggulan lainnya. ( Google Chrome, Mozilla Firefox, dan hadirnya pesaing baru, Microsoft Edge)

13. Mozilla Firefox

browser ini hampir digunakan seluruh pengguna komputer windows
Mozilla Firefox
Dukungan ekstension yang sangat-sangat banyak (sekaligus bermanfaat), serta peforma yang cukup baik (masih kalah dengan Chrome), mungkin hal itulah yang membuat Mozilla Firefox tetap populer hingga kini.

Bagi saya, Mozilla Firefox adalah browser terbaik nomor 2.

14. Google Chrome

Browser nomor satu yang wajib di install
Google Chrome
Mungkin banyak dari kalian yang membaca artikel ini akan setuju, bahwa Google Chrome adalah browser yang paling cepat (untuk saat ini), serta dukungan fitur yang cukup “membludak” juga.

Ringan, tampilan simple, banyak fitur, dan berbagai kelebihan lainnya membuat browser ini “wajib” ada di PC/Laptop yang kamu gunakan.

15. Masih ada yang lain kah?

Apakah menurutmu masih ada browser lain (lebih cepat) yang belum di sebutkan?

Update

Saat ini sudah ada browser baru yang merupakan "pembaruan" besar-besaran oleh developer Mozilla. Pembaruan yang benar2 baru tersebut di beri nama Firefox Quantum.

Tampilan browser itu kira2 seperti dibawah ini...
hampir menandingi Google Chrome
Mozilla Firefox Quantum: lebih ringan dan stabil

Tambahan...

Apakah kamu setuju dengan urutan daftar browser di atas?

Jika menurutmu masih ada browser lainnya yang belum saya sebutkan, tidak ada salahnya untuk menuliskan unek-unekmu di kolom komentar.

Ataukah justru malah kamu memiliki daftar browser paling ringan tersendiri?

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai 15 Aplikasi Browser Internet yang Paling RINGAN PC/Laptop TERBAIK. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata, (manusia)

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
"Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat"

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

14 Komentar

  1. Vivaldi browser, sy udah coba dari artikel sebelah ternyata lebih ringan dan cocok untuk dijadikan nomor 15 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vivaldi browser sy mlhan blm pernah coba gan... b-(

      Hapus
  2. see , you use click bait for me. thanks

    BalasHapus
  3. Sekarang saya pake vivaldi, lebih ringan dari chrome dan mozila.

    BalasHapus
    Balasan
    1. browser Vivaldi kmungkinan akan di tmbahkan...

      Hapus
  4. comodo browser mirip sekali dengan chrome, saya paling suka chrome

    BalasHapus
  5. Saya sebenarnya nunggu Now Browser untuk pc, yang saya rasakan selama ini untuk android kenceng banget tapi juga paling ringan mas Reza

    BalasHapus
    Balasan
    1. Now Browser, lain kali mungkin akan di tambahkan. (klo udh ada)

      Hapus
  6. ada yang sama ngg .. kalau sekarang Firefox Berat abisss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Firefox Quantum, relatif udah lbih ringan...

      Hapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.