advanced web statistics Cara Memperbaiki PC Laptop yang Terkena Virus tanpa Instal Ulang - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Cara Memperbaiki PC Laptop yang Terkena Virus tanpa Instal Ulang

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Menghilangkan virus pada komputer tanpa perlu melakukan instal ulang.
Menghilangkan virus pada komputer tanpa perlu melakukan instal ulang Windows.
Sebagian orang biasanya akan langsung install ulang ketika menyadari bahwa laptop mereka terkena virus. Tapi apakah benar, memang HARUS install ulang jika sudah terlanjur terkena virus?

Jawabannya, tentu saja tidak!

Sebenarnya masih ada alternatif lain yang bisa di lakukan dalam menghadapi virus yang sudah terlanjut aktif pada suatu OS Windows. (PC dan Laptop)

Salah satu cara alternatif paling umum dan sudah di ketahui banyak orang, yaitu dengan cara melakukan Scanning menggunakan Antivirus pihak ketiga, dengan harapan si antivirus ini mampu membersihkannya.

Namun apakah mengandalkan antivirus saja sudah cukup???

Oo tentu, tidak!!!

Sebab, antivirus sebenarnya (bagi saya) lebih cocok untuk di gunakan sebagai pencegahan dalam mendeteksi file mana saja yang masuk kategori membahayakan Sistem Operasi.

Jadi ketika ada file baru hasil download ketika browsing, dapat dengan mudah di deteksi terlebih dahulu oleh antivirus yan sudah terinstall dan berjaga-jaga.

Lebih baik lakukan pencegahan

Ada baiknya jika kamu melakukan pencegahan dari pada harus menghapus sebuah virus. Sebab jika sudah terlanjur, proses pencarian sekaligus menghapus virus yang sudah aktif itu tergolong sulit.

Dikarenakan sebuah program virus jaman sekarang itu sudah cukup cerdas, dalam memanipulasi algoritma antivirus. (apalagi jika tidak pernah di update)

Di bawah ini akan saya berikan berupa daftar dan penjelasan singkat mengenai tatacara dalam melakukan pencegahan virus komputer.

1. Jangan sering pasang/cabut USB Flashdisk

Berhati-hatilah dalam melakukan cabut dan pasang suatu penyimpanan USB Flashdisk. Sebab, resiko paling besar dalam kemungkinan sebuah virus bisa berpindah yaitu melalui media penyimpanan USB. (bisa berupa flashdisk, hardisk, CD/DVD, dan lain-lain)

Saran saya, lakukan scanning terlebih dahulu flashdisk sebelum membukanya melalui File Manager / Explorer.

Setelah scanning selesai, barulah kamu boleh membuka folder/drive.

Cukup repot memang, tapi itu lebih baik demi keamanan sebuah OS.

Boleh di lakukan, boleh juga tidak. Pilihan ada di tanganmu.

2. Jangan unduh file sembarangan di internet

Alangkah baiknya jika kamu tidak menginstall program sembarangan yang di unduh melalui internet.

Karena biasanya disana ada beberapa website licik yang memberikan sebuah link software, namun ternyata malah program ecek-ecek yang iklannya kemana-mana. (virus iklan)

Masih mending jika hanya sekedar virus iklan. Lebih bahaya lagi jika virus yang kamu dapat itu sebuah trojan atau malware kuat lainnya. Tentu pengatasannya akan lebih sulit lagi di banding hanya sebuah virus iklan.

3. Jangan install file exe sembrangan

Perhatikan betul-betul software apa yang sedang / akan kamu install.

Baca baik-baik penjelasan yang muncul ketika melakukan penginstallan. JANGAN asal next, next, finish, yes, ok.

4. Tingkatkan pengetahuan mengenai “virus”

Yang ini juga cukup penting...

Tingkatkan terus pengetahuanmu tentang virus komputer yang saat ini terus berkembang dan semakin banyak jenisnya.

Pelajari bagaimana cara kerja sebuah virus, bagaimana ia bisa menyebar, dan lain-lain.

Btw, membaca artikel di blog ini pun juga termasuk menambah pengetahuan. Salah satunya yaitu artikel yang berjudul 10 Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Terkena Virus. (Part 2)

Memperbaiki laptop terkena virus, tanpa instal ulang

Sesuai judul di atas tadi, di sini akan saya coba jelaskan tentang bagaimana mengatasi sebuah PC / Laptop yang sudah terlanjur terkena virus, namun tidak harus melakukan install ulang.

Cukup lakukan beberapa tips di bawah ini, maka komputer yang kamu gunakan akan terbebas dari virus.

Insyaallah, jika tuhan menghendaki.

1. Update antivirus, kemudian lakukan scan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu melakukan update data base antivirus terlebih dahulu, kemudian barulah di lanjutkan dengan melakukan full scanning pada semua partisi yang ada. (C, D, E, F, dst)

Menggunakan antivirus gratisan juga tidak masalah. Saya rekomendasikan menggunakan Avast Free saja.

ATAU, jika kamu menggunakan Windows 10, full scanning menggunakan Windows Defender bawaan juga sudah cukup. (Jangan lupa lakukan update terlebih dahulu)

2. Scanning melalui safe mode

Jika melakukan scanning pada mode normal tidak berjalan dengan baik, maka hal selanjutnya yang bisa kamu coba adalah full scanning melalui safe mode.

Jika kamu belum tahu, safe mode adalah fitur bawaan OS Windows yang memungkinkan OS untuk booting dalam mode aman.

Mode aman yang saya maksud disini adalah ketika OS di hidupkan/booting, maka proses yang berjalan hanya berupa komponen penting OS Windows saja.

Jadi semua services dan komponen tambahan yang pernah di install oleh pengguna, tidak akan di jalankan. Hal ini juga berlaku pada virus yang sedang bersemayam di dalam laptop.

Dia (virus) juga akan ikut TIDAK AKTIF, jika safe mode di AKTIFkan pada saat booting.

Jadi si virus ini tidak akan “berontak” saat ada polisi (antivirus) yang sedang menciduk-nya. (tercyduk)

Gimana? Sudah paham belum?

Sedangkan untuk masuk safe mode, cukup lakukan restart seperti biasa, namun saat keluar logo merk laptop, SEGERA tekan tombol F8 beberapa kali sampai muncul pilihan menuju safe mode.

Pilih SAFE MODE, kemudian ENTER!

3. Belum ada tambahan...

Sejauh ini belum ada hal lain yang bisa saya tambahkan dalam memperbaiki laptop terkena virus tanpa harus install ulang.

Di masa mendatang, mungkin akan saya tambahkan lagi. (jika memang ada)

Kesimpulan...

Dalam mengatasi komputer / laptop yang terkena virus, tidak harus melulu mengandalkan install ulang OS. Lebih baik lakukan tahap sederhana terlebih dahulu misalnya scanning normal, scanning safe mode, dll.

Namun jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan benar-benar bersih, tentu jalan alternatif terakhir adalah mau tidak mau harus Clean Install. (install ulang / reinstall)

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Memperbaiki PC Laptop yang Terkena Virus tanpa Instal Ulang. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.