advanced web statistics Cara Mengatasi Kursor Mouse Berkedip pada Windows 7, 8, dan 10 - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Cara Mengatasi Kursor Mouse Berkedip pada Windows 7, 8, dan 10

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Kejadian kursor mouse berkedip ini biasa disebut juga sebagai "Blink" kursor.
Kejadian kursor mouse berkedip ini biasa disebut juga sebagai "Blink" kursor.
Beberapa waktu yang lalu, pernah saya alami sebuah kejadian yang cukup aneh dan membingungkan, yaitu kursor pada laptop yang saya gunakan entah kenapa selalu saja berkedip. (istilah kerennya BLINK)

Seolah-olah seperti ada sesuatu yang “memberatkan” telah berjalan di latar belakang, saya pun kemudian mencari-cari informasi terkait tentang kursor mouse yang selalu berkedip ini.

Mulai dari blog pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya telah saya jelajahi demi terselesaikannya masalah yang terbilang agak konyol ini.

Akhirnya ketemu, penyebab kursor berkedip sendiri

Beberapa blog yang pernah saya baca, menginformasikan bahwa kursor yang berkedip ini di akibatkan karena ada proses tersembunyi yang berjalan di latar belakang / background OS Windows. (sesuai dugaan saya sebelumnya)

Nah proses latar belakang ini bisa berupa program & services bekas terdahulu yang pernah terinstall pada OS Windows, namun tidak di uninstall dengan benar-benar bersih. (ada yang tertinggal dan masih aktif)

Sebagai contoh, di bawah ini akan saya sebutkan beberapa program yang kemungkinan akan meninggalkan file “bekas” ketika/setelah di lakukan uninstall, sekaligus berpotensi membuat kursor jadi berkedip.

1. Akibat aplikasi Connectify (hotspot)

Saya letakan di paling atas (pertama), karena memang aplikasi inilah yang menjadi penyebab komputer pribadi yang saya gunakan mengalami kursor selalu berkedip seperti sedang menanggung “beban” kehidupan.

Padahal PC / Komputer tersebut berada di posisi standy, alias tidak di gunakan apa-apa, tapi malah kursor berkedip. Mirip seperti ada loading, tapi bukan loading yang bulat warna biru. (ngomong opo)

Usut punya usut, setelah mempelajari sejumlah informasi ketika membaca di blog-blog lain, akhirnya saya menemukan program “biang kerok” penyebab kursor berkedip tersebut, yaitu Connectify Hotspot!

Program ini ternyata selalu aktif dan terus-menerus menyerap sumber daya CPU, RAM, DISK yang ada pada komputer. (laptop pun tentu bisa kena juga)

Singkat cerita, tanpa basa-basi langsung saja saya disable melalui task manager, kemudian di lanjutkan dengan menghapusnya secara permanen dengan cara delete manual melalui File Explorer.

Sebagai informasi tambahan, OS yang saya gunakan kala itu adalah Windows 7 Ultimate. Namun tidak menutup kemungkinan Windows 8 dan Windows 10 juga bisa mengalaminya. (pada dasarnya sama saja)

Sumber: pengalaman pribadi saya sendiri

2. Akibat proses driver printer

Ada juga yang mengalami kursor berkedip di akibatkan oleh proses driver printer yang selalu aktif.

Kejadian ini pernah di alami oleh blogger bernama Nur Prasetyo yang telah ia tulis juga di blog nya sendiri. Dan saya pun mendapat informasi ini ketika tidak sengaja nyasar mampir di blog tersebut.

Untung saja saya tidak mengalami kursor berkedip, di sebabkan oleh driver printer ini. Jadi saya tidak perlu me-remove driver printer yang (bagi saya) tergolong penting bagi kebutuhan seorang pelajar.

Sumber: http://nurprasetiyo.blogspot.co.id

3. Di akibatkan oleh 713xRMT.exe

Poin nomor 3 ini juga saya dapatkan infonya dari blog lain yang bernama “diarygolden” (entah siapa penulisnya saya lupa).

Di dalam blognya tersebut, ia mengatakan bahwa kursor komputernya selalu berkedip di iringi dengan munculnya program aneh bernama “713xRMT.exe”.

Setelah di cek pada task manager, memang betul bahwa program “713xRMT.exe” tersebut ternyata memakan sumber daya CPU Usage yang cukup besar, yaitu sekitar 30 - 40%.

Dan ketika program “713xRMT.exe” ini di hapus (C:/Windows/...), akhirnya kursor pun kembali normal dan tidak berkedip lagi.

Sumber: http://diarygolden.blogspot.co.id

4. Belum ada lagi...

Sejauh ini belum ada penyebab lain yang saya ketahui menjadi penyebab berkedipnya kursor pada Komputer / Laptop. Mungkin, di lain waktu akan saya tambahkan lagi... (jika memang ada)

Beda laptop, beda rasa...

Sebagai informasi tambahan, bahwa penyebab kursor berkedip bisa berbeda-beda untuk beberapa laptop.

Sebagai contoh, kursor laptop yang saya gunakan berkedip di sebabkan oleh services aplikasi Connectify yang tergolong berat dan selalu aktif, hingga memicu adanya konflik antara Hardware - OS Windows - Program.

Nah spesifikasi laptop ada banyak jenis dan tipenya. Bisa jadi penyebabnya berupa driver printer, 713xRMT.exe, ATAU bisa juga penyebab lain. (tergantung penggunanya)

Silahkan selidiki sendiri menggunakan bantuan Task Manager, kemudian cari program aneh yang sekiranya memakan Memori / CPU usage paling banyak.

Bisa jadi yang memberatkan itu akibat ulah virus, ATAU program bekas yang masih aktif. Silahkan baca penjelasannya melalui artikel lain berjudul 10 Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer/Laptop Terkena Virus.

Kesimpulan...

Jadi kesimpulannya adalah, penyebab kursor berkedip itu ada banyak.

Tergantung program apa yang aktif di latar belakang laptopmu, selama penggunaan sehari-hari sebelumnya.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Kursor Mouse Berkedip / Blink pada Windows 7, 8, dan 10. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.