advanced web statistics 8 Cara Mengatasi PC Laptop Lemot Saat Browsing Terkoneksi Internet - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

8 Cara Mengatasi PC Laptop Lemot Saat Browsing Terkoneksi Internet

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Langkah di bawah ini tergolong mudah dalam mengatasi lemot saat browsing
Langkah di bawah ini tergolong mudah dalam mengatasi lemot saat browsing
Browsing merupakan suatu kegiatan yang cukup menyenangkan dalam melakukan banyak hal di dunia maya. Mulai dari download film, belajar, cari informasi, nonton film Dilan 1990, main game online, semua bisa di lakukan.

Namun apa jadinya ketika kita sedang asyik-asyiknya berselancar, entah karena apa tiba-tiba keadaan OS pada PC / Laptop menjadi lemot dan lambat saat digunakan browsing di internet?

Tentu hal tersebut sangat menjengkelkan bagi sebagian besar pengguna komputer di seluruh pelosok bumi ini.

Nah karena itulah, mungkin dari kalian akan langsung mencari tahu tentang bagaimana sih cara dalam mengatasi PC / Laptop yang tiba-tiba lemot saat di gunakan internetan menggunakan browser.

Penyebab laptop menjadi lemot saat browsing

Penyebab laptop lemot saat browsing dan internetan
Penyebab laptop lemot saat browsing dan internetan
Sebelum itu, ada baiknya jika kamu ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab yang memungkinkan terjadinya lemot saat laptop sedang di gunakan browsing atau internetan.

Penyebabnya sudah saya sebutkan satu-persatu di bawah ini.

Yang pertama adalah...

1. Terlalu banyak Add-Ons yang terpasang

Penyebab yang pertama yaitu terlalu banyaknya plugins atau Add-Ons yang terinstall pada browser yang kamu gunakan.

Beberapa browser internet yang menyediakan fitur Add-Ons contohnya adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dan browser kecil lainnya. (tidak terkenal)

Ada kala Plugin / Add-Ons ini sangat membantu dalam mempermudah pengalaman dalam menggunakan browser secara maksimal. Namun di balik itu semua, tentu akan membawa efek samping pula.

Apa efek sampingnya?

Si browser yang kamu gunakan akan bertambah berat, hingga akhirnya membuat PC / laptop menjadi lambat dan lemot saat di gunakan internetan.

2. Terlalu banyak aplikasi di background

Kejadiannya hampir mirip seperti terlalu banyaknya Add-Ons yang terinstall pada browser.

Perbedaannya ini sekarang mengacu pada OS Windows yang biasa di gunakan sebagai sistem operasi.

Semakin banyak aplikasi yang aktif di background, maka akan semakin berat juga proses yang harus di jalankan oleh OS Windows yang berperan sebagai software INDUK.

3. Terlalu banyak services tidak penting aktif

Sudah tahukan kamu, apa itu services?

Services merupakan layanan-layanan (program kecil) yang tersedia pada OS Windows sebagai pelengkap fungsi dari software terkait. Misalnya saja seperti Windows Update, Windows Search, Windows Firewall, Print Spooler, dll.

Semua program / services tersebut memang sangat membantu dan berguna, namun tentu akan memperberat OS Windows jika jumlahnya terlalu banyak yang aktif.

Apalagi jika perangkat PC / Laptop yang di gunakan itu mempunyai spesifikasi yang tergolong rendah dan PAS-PASan.

4. Terlalu banyak file sampah di browser

Yang ini juga bisa menjadi penyebab dari lambatnya browser ketika di gunakan.

Biasanya akan ada banyak sekali file-file histori yang pernah di gunakan dan tersimpan, kemudian menumpuk semakin banyak dan terus bertambah.

Keadaan tersebut akan memperberat proses dari browser dalam menjalankan perintah-perintah dari pengguna browser.

5. Keadaan hardisk yang bermasalah

Bisa saja malah hardisk yang kamu gunakan itu yang bermasalah, hingga berdampak pada lambatnya segala proses yang ada pada OS Windows.

6. Terlalu banyak melakukan multitasking

Pada saat menyalakan komputer, kemungkinan aplikasi yang ter-minimize pada PC / Laptop kamu itu terlalu banyak, hingga akhirnya membuat ruang RAM dari komputer semakin menipis.

Mengatasi laptop lemot saat browsing

Mengatasi laptop lemot saat browsing
Mengatasi laptop lemot saat browsing
Setelah mengetahui beberapa penyebab yang memungkinan laptop menjadi lemot saat browsing, maka sekarang akan saya lanjutkan dengan cara mudah dalam mengatasi keadaan browsing yang lemot tersebut.

Caranya cukup sederhana, yang pertama adalah...

1. Kurangi aplikasi tidak penting

Tentu saja, yang harus kamu lakukan adalah mengurangi beberapa aplikasi tidak penting yang terinstall pada OS Windows yang kamu gunakan.

Tidak perlu semuanya, cukup beberapa saja yang menurutmu jarang di gunakan atau bahkan tidak pernah di gunakan sama sekali.

2. Lakukan hapus data / cache browser

Cobalah untuk melakukan penghapusan data / cache pada browser yang kamu gunakan. Mozilla Firefox dengan Chrome caranya agak berbeda, namun saya yakin pasti kamu sudah bisa melakukannya sendiri.

Setting -> Clear histori / cache

3. Kurangi Add-Ons yang terpasang

Lebih baik kurangi saja beberapa Add-Ons yang jarang di gunakan pada browser.

Atau jika tidak ingin menghapusnya, pilihan alternatifnya adalah dengan cara men-disable beberapa plugin yang tidak penting.

4. Coba lakukan defragment hardisk

Ada kalanya hardisk yang kita gunakan itu perlu di lakukan defragment pada jangka waktu tertentu. Hal tersebut hanya berlaku jika OS yang kamu gunakan masih berOS Windows 7.

Untuk yang sudah Windows 8 dan 10, proses defrag sudah di lakukan secara otomatis.

5. Lakukan scan menggunakan antivirus

Cara berikutnya dalam menghilangkan rasa lambat / lemot pada browser, yaitu dengan melakukan scan pada OS Windows.

Bisa saja OS Windows yang kamu gunakan itu sudah terjangkit suatu virus yang sengaja aktif hingga akhirnya menganggu proses kinerja dari OS Windows.

Cobalah untuk melakukan scanning secara menyeluruh dari partisi C. D, E, dan seterusnya hingga yakin bahwa semua virus telah hilang.

Cara menghilangkan virus, sudah saya tulis pada artikel yang berjudul: Penyebab dan SOLUSI dalam mengatasi laptop yang terkena virus parah.

6. Kurangi aplikasi aktif di background

Segera kurangi beberapa aplikasi yang aktif di latar belakang pada OS Windows. Semakin sedikit, maka semakin ringan tugas yang harus di lakukan oleh Sistem Operasi.

7. Kurangi services yang tidak penting

Kemudian kurangi juga beberapa services OS Windows yang tidak begitu penting.

Misalnya jika kamu jarang menggunakan printer, maka services yang bernama “Print Spooler” boleh kamu disable.

Sebagai info tambahan, beberapa services windows yang aman di hentikan sudah saya tulis pada artikel lain yang berjudul: 21 Services OS Windows yang aman untuk di hentikan

8. Kurangi jumlah multi tasking

Pada saat menggunakan OS Windows, usahakan untuk sedikit saja melakukan kegiatan multi tasking.

Apa itu multi tasking?

Multitasking adalah kegiatan membuka program aplikasi secara bersamaan dalam jumlah yang cukup banyak. (5 - dst, tergantung)

Kesimpulan...

Jadi kesimpulannya adalah, perhatikanlah keadaan OS Windows dan Browser internetmu dengan baik.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai 8 Cara Mengatasi PC Laptop Lemot Saat Browsing Terkoneksi Internet. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.