advanced web statistics Cara Mengatasi Proses Flashing HP Xiaomi Berjalan Sangat Lama (gagal) - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Cara Mengatasi Proses Flashing HP Xiaomi Berjalan Sangat Lama (gagal)

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Mengatasi Proses Flashing HP Xiaomi Berjalan Sangat Lama (gagal)
Mengatasi Proses Flashing HP Xiaomi Berjalan Sangat Lama (gagal)
Kejadian ini baru saja saya alami tadi pagi sekitar jam 7 hingga jam 9, yaitu proses flashing HP Xiaomi Redmi 4A yang saya lakukan, entah kenapa berjalan sangat lama bahkan berjam-jam tidak kunjung selesai.

Jujur, sesaat saya bingung harus melakukan apa. Karena memang sebelumnya saya belum pernah mengalami hal yang semacam ini. (proses flasing gagal tanpa meninggalkan pesan apapun)

Beberapa hal / pengalaman yang biasanya pernah saya alami ketika gagal flashing sebelumnya hanya berupa:
error(0x80004005: failed (remote: partition table doesn't exist))
unspecified error 0x80004005 failed remote failed to write partition
unspecified error(0x80004005: missmatching image and device error
unspecified error(0x80004005: failed (remote: device is locked
unspecified error 0x80004005 error cannot load
unspecified error 0x80004005 failed remote critical partition flashing is not allowed
miflash unspecified error(0xffffffff:)
Selain yang saya sebutkan di atas, saya belum pernah mengalaminya.

Apalagi dengan kejadian proses flashing yang memakan waktu yang sangat lama hingga berjam-jam ini. (Sama sekali belum pernah)

Tentu hal tersebut sudah cukup membuat saya merinding dan sedikit pusing di buatnya.

Karena memang tidak ada pemberitahuan apapun berupa kode error, notifikasi error, dan pemberitahuan sejenis lainnya pada tampilan aplikasi Mi Flash Tool.

Intinya, tiba-tiba saja proses flashing tidak kunjung selesai, bahkan hingga berjam-jam lamanya.

Beberapa hal yang saya lakukan...

Setelah menyadari bahwa proses flasing (pertama) tadi itu ternyata tidak berjalan lancar seperti biasanya, hal pertama yang coba saya lakukan adalah sebagai berikut:

1. Mengganti kabel data/USB (Flashing kedua)

Pagi itu saya berasumsi bahwa kabel data yang saya gunakan mungkin saja mengalami sedikit “disconnected” pada jalur kecil yang ada di dalam kabel USB.

Alasannya, karena kabel data yang saya gunakan waktu itu, untuk pertama kalinya TIDAK menggunakan kabel ORI langsung dari vendor Xiaomi. Yaitu menggunakan kabel data dengan merk Robot.

Saya beranggapan bisa jadi ini masalahnya, namun ternyata TIDAK.

Lanjut ke tahap berikutnya, yang saya lakukan...

2. Memindah slot USB (flashing ketiga)

Setelah melakukan penggantian kabel USB tidak berhasil, kemudian saya mencoba untuk memindahkan lokasi slot USB yang saya gunakan sebagai penghubung ke Mini USB ponsel.

Setelah itu, saya lanjutkan dengan proses flashing lagi DARI AWAL.

Lagi-lagi, proses flashing kembali berjalan sangat lama dan tak berhenti-berhenti.

Saya lihat sekilas waktu yang tercatat sudah mencapai 1600an second. Padahal biasanya proses flashing yang normal, hanya butuh sekitar 500an second saja.

Disini saya sudah menyimpulkan, bahwa kabel USB + Slot USB ternyata bukanlah akar permasalahannya. (rupanya ada yg lain)

Lanjutke proses flashing keempat....

3. Extract ulang firmware (flashing keempat)

Ketika ingin mencoba cara ini, awalnya saya kurang yakin akan berhasil atau tidak setelah melakukan extract ulang dari file firmware.

Namun karena sudah mentok tidak ada ide lain, maka saya pun akhirnya melakukan extract ulang + menunggu ulang proses extract file firmware yang ukurannya 3GB lebih tersebut.

Hingga akhirnya proses extract pun selesai.

Sampai disini saya hampir pasrah, jika memang ponsel Redmi 4A yang baru saya gunakan sekitar 1thn harus “berpulang” kesana.

Dengan berat hati, akhirnya saya pun melakukan flashing lagi yang kesekian kalinya setelah beberapa kali flashing GAGAL akibat durasi flashing yang tidak kunjung selesai.

Singkat cerita proses flashing pun berjalan, setelah itu sengaja saya tinggal mandi dengan maksud untuk menenangkan pikiran. (hampir saja saya lupa mandi pagi itu)

Selesai mandi, saya pun kembali ke lokasi untuk mengecek keadaan si ponsel...

Dan ternyata...

Proses flashing yang dari tadi selalu GAGAL, sekarang sudah bisa BERHASIL dengan di tandainya muncul Logo MIUI 8 pada ponsel.

Agak aneh memang...

Dengan ini saya menyimpulkan:
Apakah benar, proses yang selalu GAGAL dengan durasi yang sangat lama tadi itu di akibatkan oleh file firmware yang mengalami kerusakan atau semacamnya???
Padahal, sekilas proses extarct firmware yang saya lakukan di paling awal (flashing pertama) tadi itu sudah 100% complete.

Dan firmware-nya itu pun sudah pernah saya gunakan berulang kali, tidak ada masalah.

Kena virus, atau kena apa?

Bingung saya, srius...

Kesimpulan...

Jadi kesimpulannya adalah, kemungkinan proses flashing yang berjalan sangat lama ini ini di sebabkan oleh keadaan file firmware hasil extraxt yang mengalami sedikit kerusakan pada komponen file bagian tertentu.

Bisa iya, bisa tidak...

Catatan...

Artikel di atas hanyalah curhatan saya ketika mengalami proses flashing yang berjalan sangat lama hingga berjam-jam tanpa memberikan notif apapun.

Beberapa dari kalian mungkin ada yang berfikir seperti ini:
Ini artikel apaan sih, nggak jelas amat...
Tolong di maafkan, jika kamu tidak sengaja kesasar di blog ini...

Tambahan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Proses Flashing HP Xiaomi Berjalan Sangat Lama (gagal). Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.