advanced web statistics 9 Cara Mengatasi Dragon Nest M Sayangnya Aplikasi telah Berhenti - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

9 Cara Mengatasi Dragon Nest M Sayangnya Aplikasi telah Berhenti

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
9 Cara Mengatasi Dragon Nest M Sayangnya Aplikasi telah Berhenti
Siapapun yang pernah memainkan game ini: Dragon Nest - SEA
Pernahkah kalian mengalami game Dragon Nest M - SEA yang tiba-tiba keluar sendiri ketika di mainkan, kemudian di iringi dengan munculnya tulisan error seperti:

”Sayangnya, Dragon Nest M telah berhenti”
"App has stopped working"

Seperti yang pernah di alami oleh ponsel saya beberapa hari yang lalu. Hampir sebagian besar game yang ada di ponsel, tiba-tiba tidak mau di buka.

Dan kalaupun bisa di buka, beberapa saat kemudian malah muncul tulisan "app has stopped working" atau pada game-game tertentu akan ada judul game di setiap pemberitahuan errornya. (Sayangnya, Dragon Nest M - SEA telah berhenti)

Intinya, game tersebut tidak bisa di buka.

Mengatasi Dragon Nest M: Sayangnya Aplikasi telah Berhenti

Nah karena hal itulah, di bawah ini saya telah menemukan beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba dalam mengatasi error "app has stopped working" yang juga pernah saya alami.

Caranya pun cukup mudah... Kamu tinggal melakukan beberapa tips di bawah ini.

Yang pertama adalah...

1. Memori (RAM) hampir penuh / full

Perhatikan betul-betul keadaan RAM pada ponsel android yang kamu gunakan tersebut, dan pastikan bahwa sisa ruang dari memeri (RAM) tidak terlalu menipis.

Poin pertama ini berlaku jika kapasitas RAM yang kamu miliki di bawah 2GB.

2. Terlalu banyak aplikasi aktif di background

Sebisa mungkin kurangilah beberapa aplikasi tidak penting yang aktif di latar belakang. Sebab, jika aplikasi tidak penting ini aktif, maka tentunya akan memakan sumberdaya hardware yang memang seharusnya tidak perlu di keluarkan.

3. Koneksi internet tidak stabil / putus

Poin nomor 4 ini berlaku jika game yang kamu mainkan itu bersifat online. Mulai dari Mobile Legend, AOV, Clash Royale, Dragon Nest, dll membutuhkan sumber / kecepatan internet yang stabil agar gameplay-nya pun dapat berjalan dengan lancar.

4. Ada beberapa file yang corrupt

Pastikan bahwa file-file yang telah kamu unduh itu sudah 100% complete dan tidak ada yang corrupt.

Koneksi internet yang buruk / tidak stabil memungkinkan terjadinya proses download yang tidak sempurna, hingga berdampak pada file yang bisa saja menjadi corrupt / rusak.

5. Game kamu, mungkin versi MOD

Saya sarankan untuk menggunakan APK Games yang original saja, alias bukan yang versi MODIFIKASI. Alasannya, karena APK versi MODIF cenderung lebih berat dan mudah error ketika di mainkan. (berdasarkan pengalaman pribadi)

6. Memori (internal) kondisi full

Keadaan memori internal yang full juga bisa memungkinkan terjadinya error, hingga akhirnya muncul tulisan "sayangnya aplikasi telah berhenti" pada game yang kamu mainkan.

7. Perangkat tidak compatible

Bisa jadi perangkat ponsel yang kamu gunakan tidak full 100% compatible dengan game Dragon Nest M - SEA.

Beberapa komponen seperti jenis CPU, GPU, RAM, versi OS android, dll mungkin saja ada yang tidak mendukung, hingga akhirnya berdampak pada game sering error muncul notif “sayangnya aplikasi telah berhenti” / force close / stopped working.

8. Keadaan ponsel terlalu panas, overheat

Pastikan bahwa keadaan ponselmu tidak terlalu panas / overheat. Keadaan tersebut kemungkinan besar akan mempengaruhi peforma dari setiap komponen yang ada pada ponselmu.

9. Spesifikasi ponsel kurang memadai

Pastikan bahwa spesifikasi ponselmu itu memadai dan cukup kuat untuk memainkan game Dragon Nest M - SEA.

Paling tidak, spesifikasi minimumnya seperti ini:

CPU = Quad Core atau lebih
GPU = Adreno 308 atau lebih
RAM = 1GB atau lebih

Kesimpulan...

Cek keseluruhan keadaan ponsel yang kamu gunakan. Mulai dari keadaan OS / sistem operasi android, kemudian di lanjutkan dengan keadaan kapasitas hardware. (penyimpanan dan RAM)

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai 9 Cara Mengatasi Dragon Nest M - SEA Sayangnya Aplikasi telah Berhenti. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

2 Komentar

  1. Solusi yang diberikan mana ya itu judul sma bahasan gk sesuai, itu reviwi lagi blognya, ganti penyebab game dn jadi lag

    BalasHapus
    Balasan
    1. SOLUSInya y yg ada pd poin2 di atas...

      RAM penuh = kurangi app tdk pnting yg aktif di latar blkng
      koneksi tdk stabil = cari koneksi yg bagus/stabil
      spek tdk memadai = lembiru
      dll...

      Hapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.