advanced web statistics 5 Cara AMPUH Mengatasi Youtube Go ERROR tidak Bisa Download - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

5 Cara AMPUH Mengatasi Youtube Go ERROR tidak Bisa Download

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Punya masalah Youtube Go ERROR tidak Bisa Download? Cepetan masuk!
Punya masalah Youtube Go ERROR tidak Bisa Download? Cepetan masuk!
Selain aplikasi Youtube official biasa, ternyata ada juga Youtube Go yang memberikan akses lebih mudah dalam mendapatkan berbagai pilihan video. Kelebihan aplikasi ini dibanding Youtube biasa di klaim oleh Google mampu menghemat kuota lebih optimize di banding dengan Youtube biasa tadi.

Namun tidak semua pengguna mendapatkan pengalaman baik dengan aplikasi Youtube Go ini. Salah satunya yaitu error tidak bisa melakukan download file video sesuai dengan keinginan user.

Ada yang cuma menampilkan notif loading saja, sedangakan proses download tidak selesai-selesai. Ada juga yang ketika di tekan tombol “download” bahkan tidak merespon sama sekali.

Nah untuk itulah artikel ini dibuat, sebab di bawah nanti akan saya jelaskan secara singkat mengenai cara AMPUH yang bisaa kamu coba dalam mengatasi Youtube Go yang error tidak bisa melakukan download.

Mengatasi Youtube Go ERROR tidak Bisa Download...

Beberapa poin yang saya tulis dibawah ini berdasarkan pengalaman, sekaligus juga saran-saran yang saya dapatkan di blog lain, kemudian saya gabungkan menjadi satu sehingga menjadi jauh lebih kengkap.

Jadi bagi kamu yang ingin mencoba, silahkan di ikuti...

Yang pertama adalah...

1. Cek kondisi microSD

Hal pertama yang berpotensi membuat Youtube Go error tidak bisa download biasanya terletak pada microSD yang sudah “lemah”, alias si ponsel android sudah tidak bisa melakukan read/write dengan baik pada SD Card tersebut.

Hal ini hanya berlaku jika lokasi file download pada Youtube Go kamu atur default berada di SD Card ATAU memori eksternal tadi.

Jadi SOLUSI yang bisa saya berikan jika memang masalahnya seperti ini, cukup ubah lokasi penyimpanan download ke memori internal saja. Silahkan uji coba dulu, setelah itu langsung lakukan download via Youtube Go.

ATAU, cara lain paling gampang yaitu dengan mencabut microSD tersebut pada saat posisi ponsel sedang keadaan OFF.

2. Koneksi/Jaringan sedang tidak stabil

Ini sebenarnya permasalahan klise, yaitu kualitas jaringan yang bisa di tangkap si ponsel sangat-sangat buruk. Hingga akhirnya menyebabkan proses download tidak dapat berjalan dengan semestinya.

Untuk mengatasi masalah ini, tentu saja carilah lokasi yang terdapat jangkauan signal yang baik. Kalau sudah mentok tidak bisa, lebih baik ganti provider saja dan sesuaikan dengan daerahmu disana.

Ada yang daerahnya sanga cocok untuk memakai si merah, namun ada juga daerah yang cocoknya memakai si biru. (tinggal di sesuaikan saja)

3. Pastikan video memang tersedia fitur offline

Maksudnya begini bang, tidak semua video yang ada di Youtube itu tersedia untuk di download. Karena memang ada beberapa jenis video yang memiliki lisensi khusus yang tidak memperbolehkan pihak Google untuk menyedian fitur download/mode offline pada video tersebut.

Jadi hal tersebut sebenarnya memang di sengaja oleh google demi melindungi si creator. (dia-nya mau apa nggk)

SOLUSI:

Untuk menanggulangi masalah ini sebenarnya mudah saja. Cukup membuka alamat/link video di browser, kemudian menambahkan “ss” di huruf bagian paling awal. Jadi tulisan "https://www." perlu kalian hapus terlebih dahulu.

Jika belum jelas, silahkan liat gambar di bawah ini...
tambahkan "ss" pada alamat/link tiap video youtube
tambahkan "ss" pada alamat/link tiap video youtube
Bagaimana, bisa???

4. Pastikan sisa ruang/storage mencukupi

Cukup sepele memang, biasanya orang lupa bahwa sisa ruang memori pada ponsel yang mereka gunakan sudah menipis, alias sudah tidak mencukupi untuk menampung file video hasil download.

Jadi ya saran saya lakukan bersih-bersih terebih dahulu di bagian memori internal dan eksternal. Pastikan sisa ruang yang tersedia sekitar 2GB keatas.

5. Lakukan clear cache/temporary files

Cobalah untuk melakukan clear cache/data pada aplikasi Youtube Go. Cara ini terkadang bisa berhasil dalam beberapa kasus permasalahan umum pada sebuah aplikasi android.

Untuk melakukan clear cache/data bisa menuju ke Setting ->> Apps ->> Youtube Go – Hapus data/Clear cache.

6. Update Youtube Go ke versi paling baru

Tidak ada salahnya untuk mengecek kembali Youtube Go di Google Playstore, dan pastikan bahwa aplikasi yang terinstall sudah berada di versi yang paing baru dan terupdate.
Pastikan Youtube Go berada pada versi paling baru
Pastikan Youtube Go berada pada versi paling baru

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Jika ada pertanyaan terkat dengan artikel di atas, langsung aja komen,

Sekian...

Itulah artikel mengenai 5 Cara AMPUH Mengatasi Youtube Go ERROR tidak Bisa Download. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

2 Komentar

  1. Iya nih, pas slesai di update malah jdi gagal terus kalo lg download vdeo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cara diatas...

      smoga berhasil...

      Hapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.