advanced web statistics 8 Kelebihan dan Kekurangan Visual Studio Code vs. Sublime Text 3 - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email...?

8 Kelebihan dan Kekurangan Visual Studio Code vs. Sublime Text 3

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Visual Studio Code vs. Sublime Text 3, mana yang lebih bagus?
Visual Studio Code vs. Sublime Text 3, mana yang lebih bagus?
Sudah hampir 1 tahun saya menggunakan Sublime Text ketika melakukan coding sederhana seperti edit template, edit widget dan beberapa bahasa pemrograman lain yang sekiranya saya mengerti. Btw, aplikasi Sublime Text ini di rekomendasikan oleh teman ketika sedang internetan di wifi.id ๐Ÿ˜

Nah tapi, semua itu berubah ketika saya mengenal sebuah aplikasi teks editor lain yang bernama Visual Studio Code.

Tampilan Visual Studio Code...

Dari segi tampilan, secara default aplikasi ini lebih dominan ke warna hitam / dark.
lebih dominan ke warna hitam / dark.
lebih dominan ke warna hitam / dark.
Sebenarnya itulah yang menjadi alasan utama saya ketika awal2 mencoba aplikasi teks editor ini. Karena sebelumnya pernah juga mencoba aplikasi lain seperti Notepad+, Atom, dll rasanya kurang betah aja karena dominan ke warna putih.

Ya walaupun bisa juga di ubah theme melalui setting, rasanya agak males kalo harus atur2 ulang. (apalagi saya sangat sering melakukan yang namanya re-install OS Windows)

Nah beda dengan Visual Studio Code, seperti yang sudah saya katakan di atas tadi bahwa tampilan awal (default) sudah berada di mode gelap. (tidak perlu install template, apalagi plugin tambahan)

Visual Studio Code vs. Sublime Text 3

Dikarenakan Sublime Text 3 juga merupakan teks editor yang saya sukai, maka kali ini saya akan mencoba bandingkan dengan Visual Studio Code yang baru2 ini sering saya pakai.

Perlu diketahui terlebih dahulu, ini hanyalah opini berdasarkan apa yang saya rasakan ketika menggunakannya. Beda orang, mungkin akan beda rasa.

Kelebihan Visual Studio Code dibanding Sublime Text 3, yang pertama adalah...

1. VSCode Gratis

tinggal download aja di website resmi, gratis
tinggal download aja di website resmi, gratis
Gratis, tidak perlu bayar ataupun repot2 nge-bajak nyari serial di internet.

2. Terinstall otomatis fungsi EMMET

fungsi EMMET sudah terintegrasi (default)
fungsi EMMET sudah terintegrasi (default)
Fungsi auto complete dalam penulisan kode pemrograman.

3. terinstall otomatis fungsi LINTER & INTELLISENSE

otomatis fungsi LINTER & INTELLISENSE
otomatis fungsi LINTER & INTELLISENSE
Fungsi error checker yang sangat-sangat membantu ketika lagi nulis/edit kode pemrograman.

4. Kemudahan Bekerja dengan Warna

preview kode warna sudah ada
preview kode warna sudah ada
Jika menulis kode warna, maka akan otomatis muncul preview dari kode warna yang ditulis.

5. Punya Sidebar Kaya akan Fitur

banyak tools yang tersedia (plugin store, search, dll)
banyak tools yang tersedia (plugin store, search, dll)
Sidebar ini hampir mirip dengan taskbar yang ada di OS Windows. (akan ada banyak tools yang tersedia yang siap digunakan)

6. Mudah Mengelola Extensions

Pengelolaan ekstension tergolong mudah, walaupun baru pertama kali pakai

7. Mudah Terintegrasi dengan GIT

Fitur yang ini jarang saya pakai, karena memang belum begitu mengerti dan masih belajar.

8. Belum ada tambahan...

Sejauh ini belum ada tambahan kelebihan yang lain.

Beberapa info kelebihan diatas, ada juga yang baru saya sadari setelah menonton video dari channel Web Programming UNPAS. (terutama di fitur EMMET, LINTER dan INTELLISENSE)

Misal jika ada yang belum pernah liat videonya, bisa lihat dibawah...


Jujur, setelah melihat video diatas saya baru menyadari bahwa VS Code ternyata memiliki fitur-fitur lain yang belum saya coba. (ada juga yang sudah coba, tapi justru tidak nyadar kalo itu salah satu kelebihan yang tidak dimiliki Sublime Text)

Kekurangan Visual Studio Code...

Satu-satunya kelemahan dari Visual Studio Code itu cuma di peforma aja. Yap, jika di bandingkan dengan Sublime Text, si Visual Studio Code ini ternyata lebih berat!!! Apalagi bagi kamu pengguna OS Windows dengan RAM 4GB kebawah.
Tampilan keseluruhan Visual Studio Code
Tampilan keseluruhan Visual Studio Code
Software Visual Studio Code ini sepertinya akan optimal jika dijalankan dengan spesifikasi hardware minimal CPU 2 core / 4 thread, 4GB+ RAM.

Untuk RAM 4GB ditahun 2019 sebenarnya juga masih kurang (menurut saya), sebab di tahun ini sebagian update aplikasi menuntut sisa ruang RAM yang tinggi juga. (firefox, chrome, photoshop)


Kesimpulan..

Sublime Text sebenarnya udah cukup bagus, tapi sayangnya terkadang juga bikin jengkel sering muncul notifikasi disuruh registrasi ๐Ÿ˜”Jadi ya kalo dipikir2, untuk saat ini (sementara) pindah dulu ke Visual Studio Code ๐Ÿ‘Œ

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat beberapa hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan bagi kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, saran saya JANGAN langsung keluar. Mending liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai 8 Kelebihan dan Kekurangan Visual Studio Code vs. Sublime Text 3. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Jika ada hal penting yang mau ditanyakan, silahkan PM saya di media sosial / halaman about. Dan terima kasih jg atas kunjungannya ke blog RezaNauma.com ๐Ÿ˜€๐Ÿ‘

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi...
๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘☕☕☕☕