10 Kelebihan & Kekurangan Laptop Merk LENOVO, Bagus atau Jelek?

Udah tau kelebihan dan kekurangan laptop LENOVO belum?
Udah tau kelebihan dan kekurangan laptop LENOVO belum?
Lenovo merupakan salah satu brand terkenal dari Cina yang memproduksi perangkat elektronik berteknologi canggih. Mulai dari PC, laptop, smartphone, dll telah meraka keluarkan. Bahkan brand ini juga pernah menyabet peringkat 8 kategori produsen terbaik pada tahun 2008.

Tidak hanya di luar negeri, brand Lenovo sebenarnya juga memiliki fans tersendiri di negara tercinta kita Indonesia. Selain keunggulan dari laptop yang diusungnya, terdapat faktor lain yang menjadi alasannya, yaitu HARGA.

Harga laptop Lenovo terbaru ​biasanya di bandrol lebih murah di banding brand lain seperti ASUS, ACER ataupun SAMSUNG.

Kelebihan laptop merk LENOVO

Nah supaya lebih yakin & mantap dalam menentukan pilihan untuk membeli produk laptop dari LENOVO, akan saya sebutkan beberapa kelebihan jika kalian memutuskan untuk pilih brand LENOVO ini.

Yang pertama adalah... (jumlahnya ada 6)

1. Harga relatif lebih murah, dibanding brand lain

Jika kalian pernah membandingkannya, LENOVO selalu memberikan harga yang relatif lebih terjangkau di banding brand pesain lain. Contoh: kapasitas hardisk/ram lebih besar, generasi cpu/gpu baru, dan komponen kecil lainnya.

Mirip seperti Xiaomi, Brand Lenovo sepertinya lebih menyukai memainkan harga dengan cara memberikan price to peformance terbaik di kelasnya. (tidak pelit)

2. Terdapat pilihan tipe/seri yang banyak (low - high)​

Kelebihan lainnya, produk Lenovo menawarkan berbagai jenis dan tipe produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Sebagai contoh, jika yang mencari itu kategori pelajar, maka seri laptop Lenovo "IdeaPad" merupakan pilihan yang terbaik.

Kenapa harus seri "IdeaPad", bukan yang lainnya?

Sebab, seri Ideapad memang sudah di desain dan di peruntukan bagi seorang pelajar / mahasiswa. Desain yang lebih tipis, lebih ringan, spesifikasi tergolong tinggi, tentu sangat cocok bagi kantong pelajar bukan???

3. Kapasitas baterai yang lebih besar

Selain harga yang lebih terjangkau, sebagian besar laptop Lenovo juga menyematkan kapasitas yang lebih besar dan tentunya akan memberikan ketahanan baterai yang lebih baik dibanding brand lain yang memiliki spesifikasi sama.

Lagi-lagi, bagian ini sangat-sangat cocok untuk kaum pelajar yang suka bawa-bawa laptop keluar rumah.

4. Cukup bandel (kuat, dan tahan banting)

Laptop Lenovo juga terkenal dengan julukan laptop bandel pada seri ThinkPad.

Bukan karena bandel sering rusak atau gimana, tapi bandil disini lebih diartikan dengan "tahan lama" dan tergolong kuat walaupun tidak sengaja kebanting. (seri ThinkPad, di ibaratkan ponsel jadul Nokia terdahulu)

5. Sistem pendingin yang baik + minim noise

Selain bataerai yang mumpuni dengan harga yang di tawarkan, ada 1 lagi hal yang sebenarnya sepele namun cukup menarik untuk di bahas, yaitu sistem pendingin yang tergolong bagus.

Hal ini saya rasakan ketika menggunakan laptop IdePad 110-14AST yang hanya bersuhu sekitar 30an derajat ketika idle, dan 50 - 60 derajat ketika main game.

Dan yang paling membuat berkesan adalah, suara kipas yang hampir tidak terdingar. (tetap sunyi walaupun sedang gaming)

6. Kualitas audio cukup mumpuni (dolby digital)

Rata2 laptop Lenovo sudah di bekali dengan teknologi audio Dolby Atmos. Fitur ini bisa kalian aktifkan lewat menu notifikasi/icon audio, kemudian klik enable "dolby for headphone". (harus download di Store, bagi yang pertama kali)

Sekarang lanjut, kebagian kekurangan... (jumlahnya ada 4)

Kekurangan laptop merk Lenovo!

Oke, sekarang lanjut ke bagian kekurangan/kelemahan apa yang saya rasakan ketika menggunakan laptop atau produk apapun dari Lenovo.

  1. Harga jual, biasanya turun drastis
  2. Merk "Lenovo" kurang keren 😢 (opini)
  3. Produk dari China, terlanjur mendapat kesan jelek
  4. Service Center, belum tersebuar luas di Indonesia

Poin nomor 4 itu untuk "sekarang", nggak tau kalo besok/tahun depan. (kemungkinan akan beda/lebih baik lagi)

Tambahan...

Bagi yang saat ini sedang ingin berburu laptop lenovo dengan harga murah, saran saya cari di Bukalapak saja. Disana terdapat berbagai jenis & merk laptop dijual dengan harga murah dan masih bisa di nego pula. Selain itu juga semakin dipercaya karena selalu memberikan rasa aman dan nyaman bagi siapapun yang berbelanja disana.

Ada juga berbagai pilihan produk untuk setiap kategori belanja, mulai dari pakaian sampai perlengkapan komputer/PC. Bukalapak juga sering memberikan keuntungan berupa promo yang bisa kamu menfaatkan juga ketika berbelanja.

UPDATE...

Kemudian untuk segi harga, seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi bahwa setiap perangkat Lenovo di banderol dengan ​harga yang terbilang cukup terjangkau. Yakni mulai dari Rp. 3 juta saja.

Ada juga salah satu kompetitornya yakni HP, ternyata sudah mengeluarkan juga series yang bisa dipilih untuk pasar yang sama, yakni untuk pelajar dan pekerja adalah HP Pavilion.

Dimana ​harga laptop HP Pavilion terbaru juga dibanderol dengan harga tergolong murah dan sepertinya memang di tujukan untuk bersaing dengan laptop kelas "IdeaPad" milik Lenovo. (harga mulai dari Rp. 3 jutaan)

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai 10 Kelebihan & Kekurangan Laptop Merk LENOVO, Bagus atau Jelek? Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”