advanced web statistics Call of Duty: Mobile Sering Keluar Sendiri? Coba Cara ini Gan! ✔ - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email...?

Call of Duty: Mobile Sering Keluar Sendiri? Coba Cara ini Gan! ✔

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Call of Duty Mobile sering keluar sendiri? Coba cara ini gan!
Call of Duty Mobile sering keluar sendiri? Coba pakai cara ini aja!
Cuma mau bagi tips sederhana aja kok gan, yaitu gimana sih cara mengatasi game Call of Duty: Mobile yang tiba-tiba keluar sendiri ketika dimainkan.

Yap benar sekali, kejadian ini sering terjadi pada beberapa ponsel yang memiliki kapasitas RAM yang PAS-PASan. (biasanya 2GB kebawah)

Call of Duty: Mobile Sering Keluar Sendiri?

Nah sesuai judul diatas, akan saya berikan sedikit tips dalam mencegah hal konyol ini agar tidak terjadi lagi. Paling tidak, bisa sedikit berkurang lah! (sering force close/nutup sendiri tiba2, agak lag, dll)

Oke, yang pertama adalah...

1. Sebisa mungkin, cari koneksi yang bagus (4G)

Jangan salah, koneksi yang tidak stabil juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan game tiba-tiba keluar sendiri. Yah, walaupun kemungkinannya cukup kecil... (kemungkinan sekitar 20% gara-gara hal ini)

2. Kurangi aplikasi aktif di latar belakang

Nah sedangkan 80% penyebab game tiba-tiba keluar sendiri yaitu gara2 kekurangan sisa ruang kosong pada RAM. Jadi kebutuhan game tidak terpenuhi, hingga akhirnya membuat program yang dijalankan fail untuk melakukan suatu proses.

SOLUSI sederhana yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengurangi jumlah aplikasi tidak penting yang aktif di latar belakang.

Bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, ataupun secara manual melalui "Setting" pada menu android.

3. Jangan sampai ponsel terlalu panas

Keadaan overheat akan menyebabkan hardware secara otomatis menurunkan clockspeed. Dan pada proses ini, terkadang juga akan mengalami kegagalan / tidak berjalan sesuai dengan rencana.

(tergantung seberapa buruk keadaan hardware ponsel tersebut.

4. Unduh langsung di Playstore aja

Lebih baik unduh langsung aplikasi ataupun game langsung dari Google Playstore saja. Selain lebih aman dari virus, app/game yang ada di Store lebih terjamin akan compatibiltas-nya terhadap merk & tipe HP android yang kamu gunakan.

5. Bersihkan file sampah / cache / temp

Pada HP Xiaomi, terdapat fitur pembersih bawaan yang bisa kamu manfaatkan dalam melakukan bersih-bersih file temporary / sampah yang sudah tidak penting lagi bagi ponsel.

Kalian juga bisa mengunduh aplikasi pembersih sejenis di Google Playstore.

6. Coba lakukan reset pabrik / factory reset

Cara tercepat untuk memastikan bahwa keadaan OS android sudah benar-benar baik atau tidak, yaitu dengan melakukan RESET PABRIK. Tentunya, kamu harus backup dulu data-data penting pribadimu.

7. Coba lakuakan Flash ulang / Flashing

Tips terakhir yang bisa kamu coba (namun tidak saya sarankan), yaitu dengan melakukan flashing OS android. Alasannya, karena proses RESET PABRIK di poin nomor 6 tadi terkadang tidak mampu mengembalikan file sistem yang terhapus. (sudah di root)

Contoh: jika aplikasi bawaan foto/gallery kamu hapus (dimana aplikasi gallery ini seharusnya tidak bisa di hapus jika belum di root), maka proses RESET PABRIK tidak akan mampu mengembalikan app system ini.

Proses reset bisa berjalan mulus, namun app gallery yang tadi terhapus tidak akan kembali setelah di reset.

Pernah dulu saya menghapus aplikasi sistem "email.apk", hingga akhirnya membuat si HP menjadi muncul pop up "sayangnya telah berhenti" terus menenus. Hal ini dikarenakan OS android membutuhkan app "email.apk" ini.

Dan ketika saya coba RESET PABRIK, sayangnya aplikasi "email.apk" ini tetap hilang/tidak muncul di menu android. Dan yang paling jengkel, HP jadi muncul "sayangnya, sayangnya, sayangnya gitu teruss)

Intinya, harus di flashing!

8. Cek spesifikasi ponselmu

Spesifikasi minimum Call of Duty: Mobile itu, kira2 seperti ini:

  • CPU = Quad Core+
  • GPU = Integrated (mengikuti CPU)
  • RAM = 2GB atau lebih

9. Belum ada tambahan...

Sejauh ini hanya itu, lain kali akan ditambahkan!

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Call of Duty: Mobile Sering Keluar Sendiri? Coba Cara ini Gan! Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Jika ada hal penting yang mau ditanyakan, silahkan PM saya di media sosial / halaman about. ๐Ÿค Ingin kerjasama??? Silahkan contact admin reza.nauma@gmail.com ✅

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi...
๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘☕☕☕☕