Main Call of Duty: Mobile di RAM 2GB Aja, Apakah Bisa?? πŸ˜₯

Game ini ringan kok sebenarnya, RAM 2GB pun bisa!
Game ini ringan kok sebenarnya, RAM 2GB pun bisa!
Game Call of Duty Mobile baru aja dirilis, dan kemungkinan besar pasti ada aja yang menanyakan "HP kentang RAM 2GB aja, emang bisa mainin nih game?" Begitulah kira2 pertanyaan klise yang sering bermunculan.

Nah sesuai dengan judul di atas, akan saya coba jelaskan sedikit mengenai "benarkah ponsel dengan RAM 2GB, bisa memainkan Call of Duty Mobile ini? (bukan cuma 2GB, bahkan RAM 1GB pun bisa sebenarnya)

Oke, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Cek dulu spesifikasi HPmu...

Sebelum menekan tombol "Install" di google Playstore, ada baiknya kamu ketahui dulu spesifikasi ponsel yang saat ini kamu gunakan.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengetahui spesifikasi detail dari tiap ponsel. Yaitu dengan cara menuju Setting->>About Phone. Maka kamu sudah bisa mengetahui jumlah core CPU, GPU, ataupun kapasitas RAM yang di pakai.

Nah masalahnya adalah, tiap ponsel terkadang beda-beda penempatannya. Nah perbedaan inilah yang membuat pengguna ponsel yang tergolong baru agak kebinungan ataupun malas mencarinya secara manual.

Cara paling mudah cek spesifikasi

Ini hanyalah cara yang biasa saya gunakan untuk cek spesifikasi HP yang baru saja saya beli. (biasanya sih gitu)

Untuk kamu yang mau ikutin "caraku" dalam melihat spesifikasi, silahkan ikuti langkah dibawah:

  1. Buka Google Playstore, kemudian ketik di pencarian "CPU Z"
    ketik di pencarian "CPU Z"
  2. Download CPU Z tadi
    Download CPU Z
  3. Setelah selesai, buka CPU Z
    Buka CPU Z, cek spesifikasi
    Buka CPU Z, cek spesifikasi
  4. Nah disana kamu bisa lihat spek detil HPmu.

Udah itu aja,  cuma 4 langkah!

RAM saya cuma 2GB, gimana nih?

Kembali lagi ke topik awal!

Bagi yang kapasitas RAMnya hanya 2GB saja, gimana nih?? Apa bisa untuk main game terbaru Call of Duty Mobile??

Jawabannya, BISA!!!

Xiaomi Redmi 2

Xiaomi Redmi 2
Bahkan saya sempat mencobanya di HP jadul Xiaomi Redmi 2 yang hanya memiliki RAm 1GB pun ternyata memang BISA!

Yah walaupun framerate yang di dapat cuma 20fps - 30fps an aja! Namun tetap saja, game Call of Duty Mobile ini tetap "bisa" terbuka dan sampai di match / gameplay battle royale!

Apakah ada triknya bang?

Nggak ada trik khusus yang rumit.

Yang saya lakukan hanyalah poin-poin yang sederhana aja. (nggak sampai harus coding, ataupun edit pakai note pad segala. (karena pada dasarnya, spek segitu emang sebenarnya bisa, walaupun frame rate PAS-PASan.

Ini dia yang saya lakukan:

1. Kurangi app di background

Hampir semua game perlu kamu lakukan hal sederhana ini, yaitu dengan mengurangi app tidak penting yang aktif di latar belakang. Hal ini sangat-sangat penting bagi ponsel android yang memiliki RAM PAS-PASan. (2GB kebawah)

2. Uninstall app tidak terpakai

Walaupun tidak berpengaruh secara langsung, namun hal ini bisa mencegah terjadinya aplikasi startup ulang tanpa diketahui penggunanya.

Oleh karena itu, mending di uninstall aja sekalian. (biar nggak tiba2 aktif lagi)

3. Sisakan storage internal, minimal 30%

Pada saat proses gameplay berlangsung, sebenarnya ada proses read/write yang di lakukan oleh si aplikasi yang sedang running tersebut. Nah jika storage internal kamu penuh, tentu saja game/app tersebut akan mengalami error. (hingga akhirnya crash)

4. Sisakan "ruang kosong" memori, sebanyak mungkin

Poin nomor 4 ini sebenarnya berkaitan erat dengan nomor 1 tadi, yaitu dengan cara sebisa mungkin menyisakan ruang kosong pada RAM.

Tujuannya apa, agar game yang kita buka mendapatkan sumber daya dari RAM agar proses baca/tulis bisa berlangsung dengan mulus dan cepat.

5. Install GFX Tool

GFX Tool yang saya gunakan ini sebanenarnya di khususkan untuk PUBG Mobile. Kedepannya kemungkinan akan ada juga "khusus" untuk Call of Duty Mobile jika jumlah pemainnya terus bertambah.

6. dll

Pastkan kondisi ponselmu itu tidak overheat, ataupun kejadian konyol lainnya. Hal ini tentunya akan memberikan kemungkinan yang lebih besar apakah ponselmu itu bisa memainkan Call of Duty Mobile atau tidak.

Kendala yang dialami?

Ada sih sebenarnya kendala ketika memainkan game ini di RAM PAS-PASan. Salah satunya yaitu game tiba-tiba keluar sendiri tanpa ada keterangan apapun dilayar. (pas main, tiba-tiba keluar gitu aja)

Hal ini sering terjadi di Redmi 2 (RAM 1GB) ataupun juga di Redmi 2 Prime (RAM 2GB) Entah apa yang merasukinya hingga bisa seperti itu ( ͡° ͜Κ– ͡°)

UPDATE:
Setelah mencoba menggunakan custom ROM pure android, kejadian close tiba-tiba ini sejauh ini sudah agak hilang. (khusus di Redmi 2 Prime doang, sedangkan Redmi 2 "biasa" masih sering mengalami force close tiba2)

Mungkin karenakan spek-nya yang emang udah terlalu tua untuk tahun 2019.

Nah jadi saran saya, bagi yang masih pakai RAM 2GB kebawah, mending kalian ganti aja ROM MIUI tersebut, karena boros RAM.

Kesimpulan...

Jadi kesimpulannya adalah, Call of Duty Mobile masih bisa di mainkan di RAM 2GB ataupun 1GB, walaupun dengan frame rate yang seadanya.

Tambahan...

Di lain waktu, kemungkinan akan saya tuliskan juga tips sederhana dalam mengatasi Call of Duty Mobile yang lag, sering force close, tidak compatible, ataupun permasalahan umum lainnya.

Dan kalau ada yang mau ditanyakan, silahkan komentar aja!

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat beberapa hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan bagi kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, saran saya JANGAN langsung keluar. Mending liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Main Call of Duty: Mobile di RAM 2GB Aja, Apakah Bisa? πŸ˜₯. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”