advanced web statistics Cara Install NET Framework 3.5 di Windows 10 Secara Offline (100%) - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Cara Install NET Framework 3.5 di Windows 10 Secara Offline (100%)

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Cara ini sama sekali tidak membutuhkan koneksi internet, alias 100% mode offline.
Cara ini sama sekali tidak membutuhkan koneksi internet, alias 100% mode offline.
Kalian tentunya pernah mengalami kasus pada Windows 10 ketika membuka game-game tertentu, tiba-tiba muncul pop up bahwa OS Windows 10 yang kalian gunakan belum terinstall Net Framework 3.5. Lalu, bagaimanakah cara install Framework tersebut secara offline?

Kalian tidak perlu khawatir ketika membuka beberapa judul game kemudian muncul pop up seperti itu. Sebab, pada windows versi terbaru seperti Windows 8, 8.1, maupun windows 10, pihak developer OS tersebut tidak otomatis memasangkan komponen Net Framework 3.5 di dalamnya.

Komponen NET Framework tersebut sudah tersimpan dalam bentuk file pada folder installer Windows 8 / 8.1. Lokasi file tersebut terletak pada "Windows ISO:\sources\sxs". (Folder yang bernama "sxs" adalah file Net Framework yang bisa kalian gunakan install.

Sebagai gantinya, pada Windows 8, 8.1, maupun Windows 10 secara default sudah terpasang Net Framework versi 4.5 di dalamnya. Berbeda dengan OS sebelumnya yaitu Windows 7, secara default yang terpasang adalah Net Framework 3.5. (versi 4.5 belum terpasang)

Persiapan install net framework 3.5

Sebelum melakukan pemasangan Net Framework 3.5 pada Windows 10 secara offline, tentunya kalian harus menyiapkan bahan-bahannya dulu. Di bawah ini sudah saya siapkan bahan yang di perlukan.

Bahan-bahan net framework 3.5

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan di bawah ini.

Cara lain untuk bisa mendapatkan Net Framework 3.5 Offline, yaitu dengan mengambilnya dari folder “Windows 10.iso/source/sxs”. (harus punya file ISO dari Windows 10)

Nah, folder bernama “sxs” pada lokasi itulah Net Framework 3.5 yang bisa kalian gunakan untuk menginstall Net Framework 3.5 pada Windows 10.

Sedangkan untuk Windows 7 / 8, cara mendapatkan file Net Framework 3.5 nya pun sama persis.

Langkah Install Net Framework 3.5 Pada Windows 10

  1. Pertama, copy terlebih dahulu folder “sxs” (Net Framework 3.5) yang telah saya siapkan di atas ke Partisi C:\sxs.
    Copy file "Net Framework" ke partisi C
  2. Kedua, setelah folder “sxs” di copy ke Partisi C, kemudian buka CMD (Command Prompt) as Administrator.
    Buka CMD
  3. Ketiga, setelah CMD terbuka, ketik perintah “cd/”, kemudian tekan “Enter”.
    Ketik perintah "cd/"
  4. Keempat, setelah menekan enter, ketik kembali perintah ini “dism.exe /online /enable-feature /featurename:netfx3 /source:c:\sxs”, kemudian tekan “Enter” maka proses install akan berlangsung.
    Ketik perintah "dism.exe /online /enable-feature /featurename:netfx3 /source:c:\sxs"
  5. Kelima, kalian tunggu hingga 100%, setelah itu restart.
Bagi kalian yang belum tau, langkah di atas juga bisa kamu lakukan pada Windows 7 maupun 8. Caranya sama persis, hanya beda di file Net FX nya saja. (tinggal di sesuaikan)

Catatan...

Jika dalam proses install terjadi error, kemungkinan besar kalian salah dalam penulisan perintah pada CMD (Command Prompt). Jadi, apabila ada kesalahan atau eror, silahkan ulangi kembali penulisan perintah hingga benar.

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Install NET Framework 3.5 di Windows 10 Secara Offline (100%). Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.