advanced web statistics 5 Trik agar Bisa Bermain GTA 5 PC di Spesifikasi RENDAH / Low End - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

5 Trik agar Bisa Bermain GTA 5 PC di Spesifikasi RENDAH / Low End

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Dengan melakukan cara ini, maka yang spesifikasi rendah pun kemungkinan bisa memainkan GTA V
Dengan melakukan cara ini, maka yang spesifikasi rendah pun kemungkinan bisa memainkan GTA V.
Beberapa waktu yang lalu, saya pernah mengunggah sebuah video gameplay amatir ke Youtube. Nah dari video tersebut memperlihatkan bahwa game besar Grand Theft Auto V ternyata bisa di mainkan pada komputer yang berspesifikasi rendah.

Jujur, kala itu saya tidak menyangka akan banyak sekali komentar mengenai pertanyaan bisa atau tidaknya PC / Laptop mereka memainkan GTA 5. Dan pada saat itulah saya menyadari, ternyata masih banyak di luar sana yang (mungkin) belum sempat memainkan GTA5 PC.

Spesifikasi PC Jadul (gta5)...

Gambar ini pernah di upload seseorang di Facebook
Perlu kamu ketahui, bahwa komputer yang saya gunakan uji coba memainkan GTA5 ini tergolong sangat jadul. CPU jadul, RAM jadul, VGA jadul, Keyboard jadul, hampir seluruh bagian komponen komputer tersebut serba jadul. (kecuali bagian monitor)

Bisa kalian lihat, di bawah ini merupakan spesifikasi komputer yang saya gunakan untuk memainkan game raksasa Grand Theft Auto V tersebut.

Spesifikasi

•    Intel Core 2 Duo 2,2 Ghz
•    Nvidia GT520 1GB
•    HDD 320 GB
•    RAM 2GB
•    Windows 8 64 Bit

Dari spesifikasi di atas, frame rate yang saya dapatkan sangat-sangat kecil, hanya 8 – 19 FPS saja. Dengan FPS yang "seadanya" tersebut, bisa kalian bayangkan betapa sulitnya  ;-( apakah layak untuk di mainkan?

Nah di karenakan di dalam lubuk hati kecil saya juga berkeinginan untuk memainkan game GTA V ini, kemudian saya pun melakukan beberapa langkah perubahan pada komputer jadul yang saya miliki tersebut. (masih ada harapan)

Trik sederhana bisa memainkan GTA 5 spek low

Berikut ini merupakan langkah perubahan sederhana yang saya lakukan pada komputer spek rendah, sehingga bisa memaksimalkan peforma komputer dalam menjalankan game GTA V. (paling tidak, ada sedikit perbedaan)

Langkah-langkahnya seperti ini...

1. Disable Program Startup

Disable program startup yang tidak penting agar GTA 5 dapat berjalan lancar
Disable program startup yang tidak penting
Hal pertama yang saya lakukan adalah menghentikan seluruh program startup windows yang tidak berguna. Ingat, hanya hentikan program startup yang memang benar-benar tidak berguna bagi kalian.

2. Kurangi Program Aktif di Latar Belakang

Kurangi program yang aktif di latar belakang agar GTA 5 dapat berjalan mulus tanpa lag
Kurangi program yang aktif di latar belakang
Selanjutnya, admin mengurangi beberapa aplikasi tidak berguna yang aktif di latar belakang, misalnya Adobe Updater, Winamp, dll. Sedangkan untuk antivirus, admin menggunakan Windows Defender bawaan OS Windows.

3. Hentikan Services yang Tidak di Gunakan

Lebih baik disable saja beberapa services windows yang tidak penting
Lebih baik disable saja beberapa services windows yang tidak penting.
Kemudian, hal yang saya lakukan adalah menghentikan services bawaan windows yang memang jarang atau bahkan tidak di gunakan. Beberapa services yang saya hentikan yaitu Print Spooler, Windows Search, Windows Update, Themes, dll.

Lebih lengkap penjelasannya ada di sini, 20 Services Windows yang Aman untuk di Hentikan!

4. Gunakan Game Booster

Menggunakan aplikasi tambahan bernama "Game Booster untuk GTA5
Menggunakan aplikasi tambahan bernama "Game Booster untuk GTA5
Langkah terakhir yang saya lakukan adalah menginstall aplikasi gratis bernama “Game Booster”. Dengan aplikasi tersebut, kalian bisa mengoptimalkan peforma sistem pada komputer Windows yang kalian gunakan.

Saya jelaskan secara singkat...

Game Booster bekerja dengan cara menghentikan seluruh prosess OS Windows yang di rasa tidak terlalu penting dan justru memberatkan kinerja OS Windows.

Beberapa process yang tidak terlalu sering di gunakan itu biasanya Print Spooler, Windows update, Windows Search, dan program minor lainnya yang biasanya tambahan dari aplikasi luar yang kamu install.

Nah prosess tersebut sebagian besar sudah di ketahui oleh program bernama Game Booster. Selain itu, kamu juga bisa mengaturnya secara manual untuk memilih prosess mana saja yang akan di hentikan ketika Game Booster ini aktif.

5. Pakai p*tch tambahan

Menggunakan p*tch tambahan untuk memaksimalkan peforma GTA5
Menggunakan p*tch tambahan untuk memaksimalkan peforma GTA5
Ada lagi tambahan yang pernah saya lakukan dalam meningkatkan frame rate GTA5, yaitu menggunakan p*tch yang bernama "gta5 super low p*tch". Kasusnya hampir sama seperti Mengatasi FPS Drop Naruto Shippuden Ninja Storm 4

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, frame rate yang saya dapatkan bisa di katakan meningkat, walaupun tidak mengalami perubahan yang terlalu signifikan. Frame rate yang saya dapatkan menjadi sekitar 15 – 26 FPS.

Kalian bisa lihat video testing GTA V di komputer jadul pada Channel Youtube saya yang bernama “Reza Nauma”. Di bawah ini juga merupakan beberapa video GTA V di komputer jadul yang pernah saya upload pada channel tersebut.

Video GTA V di Komputer Jadul Saya

Di bawah ini merupakan gameplay GTA V PC yang saya mainkan pada komputer dengan spesifikasi yang tergolong rendah.


Info tambahan...

Cara di atas sudah saya coba lakukan pada komputer jadul yang saya miliki, dan memang ada peningkatan dalam hal respon gameplay dan frame rate yang semakin membaik.

Jadi bisa saya katakan, cara ini cukup BERHASIL dan bekerja dengan baik pada komputer Low End yang saya gunakan.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah beberapa tips yang bisa kalian ikuti dalam upaya memaksimal peforma bermain game GTA V. Sebenarnya ada banyak cara yang lebih extreme dalam memaksimalkan peforma game GTA V, namun untuk kali ini cukup dengan langkah sederhana di atas tanpa mengurangi kualitas game.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

2 Komentar

  1. wah, laptop saya jadul banget, jalanin NFSMW 2012 aja bisa 2 jam apalagi GTA V, kayaknya beli laptop baru dulu deh :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo spek nya jadul PARAH, lbih baik mmang beli lptop/pc baru aja gan... (layak di gunakan gaming)

      minimal i3 keatas + VGA external (AMD/Nvidia) (o)

      Hapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.