advanced web statistics 4 Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka pada PC / Laptop - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

4 Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka pada PC / Laptop

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Sebenarnya mudah saja mengatasi Google Chrome tidak bisa di buka pada laptop tidak muncul
Sebenarnya mudah saja mengatasi Google Chrome tidak bisa di buka pada laptop.
Ada kalanya saat kita sedang ingin ber-internetan / browsing menggunakan Google Chrome, yang terjadi malah browser ini terkadang tidak mau merespon dan bahkan tidak bisa di buka sama sekali.

Setelah saya selidiki menggunakan cara-cara yang sederhana, kejadian ini sebenarnya hampir mirip dengan Mozilla Firefox yang ternyata memiliki penyakit yang sama, yaitu terkadang tidak bisa di buka.

Lalu apa yang menjadi penyebab kedua browser ini terkadang tidak muncul / tidak bisa di buka??? (terutama untuk Google Chrome)

Mari kita pecahkan!

Penyebab Google Chrome tidak bisa dibuka

Sebagai informasi tambahan, lebih baik kamu ketahui dulu beberapa penyebab yang memungkinkan Google Chrome menjadi tidak bisa di buka.

Yang pertama adalah...

1. Google Chrome sedang melakukan update

Penyebab paling umum dan sangat sering terjadi yaitu di sebabkan oleh keadaan Google Chrome yang masih aktif karena sedang melakukan UPDATE pada latar belakang OS Windows.

Yang jadi masalah adalah, proses update ini terkadang tidak selesai-selesai dikarenakan koneksi internet yang buruk, hingga akhirnya terus AKTIF berkelanjutan di latar belakang / background.

Nah ketika Google Chrome yang masih aktif dan di barengi dengan membuka ulang pada icon Desktop, maka biasanya akan terjadi konfik kecil antara Google Chrome dengan OS Windows.

Entah ini semacam BUG dari OS atau dari Browser, intinya kamu harus menutup terlebih dahulu “process” Google Chrome yang ada di latar belakang, kemudian barulah membukanya lagi secara normal.

Poin nomor 1 ini akan sangat optimal jika kamu kombinasikan dengan mengurangi/disable beberapa services OS Windows yang tidak di gunakan.

2. Program File rusak / corrupt

Kemungkinan kedua, bisa jadi program file pada Google Chrome yang kamu gunakan itu mengalami kerusakan, atau biasa disebut juga corrupt.

Kejadian rusaknya file ini bisa di karenakan menurunnya peforma read/write dari Hardisk, Flashdisk, ATAU bisa juga karena ulah virus. Selengkapnya mengenai penanganan CEPAT virus komputer bisa kamu baca di artikel 10 Hal Sepele yang Justru Menyebabkan Virus Komputer malah BERTAMBAH

3. Terlalu banyak Add-Ons yang terpasang

Poin nomor 3 ini sangat kecil kemungkinannya, namun bisa juga terjadi.

Terlalu banyaknya Plugin / Add-Ons yang terpasang membuat kinerja dari Google Chrome terlalu berat di karenakan properti yang di bawa semakin meningkat / cukup besar dari standart-nya.

Kamu bisa pelajari Add-Ons mana saja yang perlu diinstall, dan mana yang TIDAK PERLU install di artikel saya yang berjudul 12 Ekstensi/Add Ons PENTING di Google Chrome.

4. Dan lain-lain

Masih banyak penyebab sepele lain yang bisa menyebabkan terjadinya error Google Chrome tidak bisa di buka, namun sejauh ini belum saya temukan. Tapi ada juga yang mengatakan, jika kinerja pada bagian hardisk sudah menurun/hampir rusak, maka bisa berdampak juga pada crash pada suatu aplikasi. (salah satu penyebab)

Punya usulan lain???

Mengatasi Google Chrome tidak bisa di buka

Sekarang tiba waktunya bagi saya untuk menjelaskan secara singkat mengenai cara dalam mengatasi browser Google Chrome tidak bisa di buka.

Langkah-langkah di bawah ini bisa kamu lakukan pada PC / Laptop berOS Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. (Windows Vista juga)

Yang pertama adalah...

1. Tutup proses melalui task manager

Cara paling mujarap dan kemungkinan besar berhasil adalah dengan cara mencari process bernama “chrome.exe” pada Task Manager, kemudian hentikan proses tersebut dengan cara Klik Kanan -> End Process

Untuk membuka Task Manager bisa menggunakan perintah Ctrl + Alt + Delete, kemudian pilih menu “Task Manager”.

Jika sudah menghentikan seluruh process bertuliskan “chrome.exe” pada Task Manager, maka selanjutnya bukalah program Google Chrome melalui Icon Desktop seperti biasa.

Intinya adalah, TUTUP semua proses ”chrome.exe” yang masih berjalan di latar belakang, jika sudah di tutup, kemudian coba buka lagi seperti biasa.

2. Lakukan scanning, kemudian reinstall

Cara kedua ini berlaku jika Google Chrome tidak bisa di buka dikarenakan terkena sebuah virus. Sebagai info tambahan, komputer yang terkena virus biasanya akan lemot di iringi muncul file-file aneh.

Lakukan update antivirus, kemudian barulah scanning. (menggunakan Windows Defender bawaan OS, menurut saya sudah cukup)

Setelah scanning selesai, reinstall ulang program Google Chrome.

3. Buang Add-Ons yang tidak penting

Lebih baik copot saja Add-Ons yang tidak terlalu penting.

Terlalu banyak Add-Ons yang terinstall justru akan memperlambat kinerja dari browser. Beda ceritanya jika PC / Laptop kamu itu sudah memiliki spesifikasi yang DEWA.

Jika butuh informasi mengenai Add-Ons mana saja yang tergolong PENTING, silahkan buka saja di Daftar Isi blog ini. (sudah saya tulis)

4. Belum ada tambahan...

Sejauh ini belum ada tips lain yang bisa saya sampaikan dalam mengatasi Google Chrome yang terkadang tidak bisa di buka pada laptop OS Windows.

Lain kali, mungkin akan di tambahkan. (jika memang ada)

Kesimpulan...

Jadi kesimpulannya adalah, menjaga “kesehatan” dari Operating System itu sangat penting, demi terjaganya peforma yang tetap maksimal. Sekaligus untuk mengurangi resiko browser error tidak bisa dibuka.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai 4 Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka pada PC / Laptop. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

4 Komentar

  1. I have read so many articles on the topic of the blogger lovers except
    this paragraph is truly a good paragraph, keep it up.

    BalasHapus
  2. yey sekarang google chorome ane bisa terbuka dengan normal
    makasih ya om reza

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.