advanced web statistics 3 Cara Mengatasi Mozilla Firefox Tidak Bisa Dibuka Windows 7, 8, 10 - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

3 Cara Mengatasi Mozilla Firefox Tidak Bisa Dibuka Windows 7, 8, 10

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Cara tergolong mudah dalam mengatasi Mozilla Firefox Tidak Bisa Dibuka has stopped working
Cara tergolong mudah dalam mengatasi Mozilla Firefox Tidak Bisa Dibuka.
Ada kalanya saat kita hendak internetan menggunakan Mozilla Firefox, yang terjadi malah browser ini terkadang justru tidak bisa di buka. Hal tersebut tentu saja akan memancing emosi di saat ada aktifitas penting.

Belum lagi dengan paket internet yang semakin mahal, tentu akan memperparah keadaan dalam mempengaruhi pengalaman menjelajah lautan informasi di dunia maya. (akan terganggu)

Tapi kali ini saya tidak akan membahas soal internet yang mahal, namun lebih ke pembahasan mengenai SOLUSI dalam mengatasi Mozilla Firefox yang terkadang tidak bisa di buka sama sekali.

SOLUSI ini bisa kamu lakukan untuk Windows XP, 7, 8, dan 10.

Penyebab Mozilla Firefox tidak bisa dibuka

Sebelum itu, ada baiknya kamu ketahui dulu beberapa penyebab umum yang bisa mengakibatkan Mozilla Firefox tidak bisa di buka dalam penggunaan sehari-hari.

Yang pertama adalah...

1. Status firefox.exe masih keadaan AKTIF

Saya letakan di poin nomor satu, karena memang hal inilah yang paling sering terjadi.

Terkadang kita tidak tahu bahwa firefox yang telah ditutup, sebenarnya masih aktif di background yang mengakibatkan adanya konfik kecil dalam hal software antara Firefox dengan OS Windows.

Keadaan firefox “masih aktfi” ini biasanya terjadi dikarenakan adanya update di latar belakang (background) yang sedang berlangsung, namun tidak selesai-selesai akibat koneksi yang buruk.

Nah karena itulah firefox biasanya masih aktif terus-menerus, kemudian dilanjutkan dengan pengguna (kamu) meng-klik ulang program Mozilla yang akan menyebabkan OS Windows jadi bingung.

Keadaan OS yang bingung inilah yang akhirnya menjadikan proses program menjadi lebih lama, ATAU bahkan tidak merespon / terbuka sama sekali.

Kira-kira seperti itu... Masuk akal nggak?

2. Program file rusak / corrupt

Kemungkinan kedua, bisa jadi program file exe dari Mozilla firefox yang terpasang pada PC / Laptop yang kamu gunakan itu mengalami kerusakan file atau yang biasanya di sebut sebagai corrupt.

Keadaan file corrupt ini bisa di sebabkan oleh hardisk yang memang sudah mulai lelah dan tidak mampu lagi dalam melakukan tugas read / write yang sempurna.

ATAU, bisa juga disebabkan oleh virus yang sudah merusak sistem OS Windows yang membuat beberapa program menjadi error dan tidak dapat di gunakan lagi dengan semestinya.

Masih mending jika hanya 1 atau 2 program saja yang corrupt terinfeksi virus. Namun bagaimana jika yang terinfeksi sudah pada lingkup Operating System?

Tentu yang harus di perbaiki adalah si OS, alias Windows. (jika yang rusak di bagian Operating System)

3. Terlalu banyak add ons

Kemungkinannya kecil, tapi juga bisa jadi hal kecil ini yang menyebabkan Mozilla Firefox tidak bisa di buka karena “keberatan” akibat terlalu banyaknya Add Ons yang terpasang pada browser.

4. Dan error lainnya...

Masih banyak kemungkinan error lainnya yang bisa berpotensi menyebabkan tidak bisa di bukanya browser Mozilla Firefox pada Windows 7, 8 dan 10.

Mulai dari error Firefox tidak bisa di buka, Firefox has stopped working, dan permasalahan lain, tentu pengatasan dan penyebabnya juga akan sedikit berbeda-beda. (tergantung)

Jika kalian punya usulan lain, silahkan di tambahkan melalui komentar.

Nanti akan saya tambahkan di poin nomor 4 ini.

Mengatasi Mozilla Firefox tidak bisa dibuka

Di bawah ini akan saya berikan beberapa cara dalam mengatasi Mozilla Firefox yang tidak bisa di buka. Dan langkah penerapannya pun cukup mudah, tanpa harus berpikir keras hingga menguras otak yang berlebihan.

Silahkan di baca dengan teliti...

1. Pertama, buka task manager

Hal paling awal yang perlu di lakukan, adalah dengan cara menutup terlebih dahulu process dari program firefox.exe yang ada di Task Manager.

Yang belum tahu caranya buka Task Manager, cukup tekan Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan, kemudian pilih Task Manager.
Cari program bernama "firefox.exe" yang ada pada Task manager
Cari program bernama "firefox.exe" yang ada pada Task manager
Cari program bernama firefox.exe yang berada di menu “Process”, atau jika tidak ada cari di menu “Details”.

Klik kanan pada “firefox.exe”, kemudian pilih “End process” atau “End task”.

Setelah yakin semua program berkaitan dengan firefox.exe sudah tertutup, maka sekarang tinggal kamu coba buka lagi Mozilla Firefox seperti biasa melalui icon Dekstop.

Dengan melakukan langkah di atas, seharusnya firefox sudah bisa di buka dan dapat berjalan dengan semestinya.

Namun jika masih tidak bisa di buka, maka kemungkinan penyakitnya di sebabkan oleh virus yang telah merusak file sistem yang berkaitan.

Silahkan lanjutkan dengan melakukan Cara Nomor 2 yang telah saya tuliskan di bawah...

2. Kedua, Scan kemudian reinstall Mozilla Firefox

Poin momor 2 ini bisa kamu lakukan jika gagal mengatasinya menggunakan poin nomor 1 dengan asumsi, bahwa program firefox sudah rusak akibat virus yang ada pada OS Windows.

Langkahnya yaitu dengan cara melakukan scanning pada OS Windows yang kamu gunakan, jangan lupa update dulu database dari antivirus agar lebih optimal dalam proses pemindaian / scan.

Setelah di scan secara menyeluruh telah selesai, maka di lanjutkan dengan mengcopot / uninstall Mozilla Firefox, kemudian menginstall ulang program firefox ke versi yang lebih baru.

Silahkan unduh / download langsung melalui website resmi Mozilla Firefox. ATAU kamu bisa baca dulu artikel yang satu ini, agar mendapat pengetahuan baru: Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome dibanding Mozilla Firefox

Ada 1 lagi TAMBAHAN yang cukup penting! Pada saat uninstall Mozilla Firefox, pastikan semuanya tercopot dengan bersih, jangan sampai ada komponen firefox yang tertinggal.

Mulai dari Control Panel, Folder Program File, dan lain-lain pastikan semunya sudah terhapus dengan yakin.

3. Terakhir, gunakan add ons yang penting saja

Poin yang terakhir ini hanya berupa saran tambahan saja...

Lebih baik menggunakan plugin / add ons yang penting-penting saja. Yang tidak penting, lebih baik hapus, karena justru akan memberatkan hingga akhirnya Firefox kembali tidak bisa di buka.

Dan terjadi, lagi...

Kesimpulan...

Jadi kesimpulannya adalah, perhatikanlah setiap detil cara kerja dari tiap-tiap program. Memang tergolong merepotkan, namun hal terseut akan membuatmu semakin paham dalam mengatasi berbagai kondisi.

Salah satu kondisi yang saya maksud adalah keadaan dimana Mozilla Firefox tidak dapat di buka.

Tentu kamu harus mengetahui apa kemungkinan terbesar penyebabnya, hal apa saja yang berkaitan hingga bisa memicu Mozilla Firefox tidak dapat di buka, dan hal-hal sepele lainnya.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai 3 Cara Mengatasi Mozilla Firefox Tidak Bisa Dibuka Windows 7, 8, 10. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih

“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

4 Komentar

  1. Kang,, stlh nyari di proses kok gk ad firefox😓....cuman explorer aj.. Gmna dong kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo nggk ada, cari aja di pilihan menu "Details"...

      Hapus
  2. aduh gan gimana nich cara 1 sampai ke 2 masih saj tidak bisa di buka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan langkah2 nya udah di lakukan dgn benar/sesuai...

      Hapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.