advanced web statistics Cara Mengatasi LAG pada GTA SA Android RAM 1GB Saja (100% work) - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Cara Mengatasi LAG pada GTA SA Android RAM 1GB Saja (100% work)

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Mengatasi LAG pada GTA SA Android RAM 1GB Saja
Mengatasi LAG pada GTA SA Android RAM 1GB Saja. (akibat mod)
Ada beberapa ponsel yang tetap mengalami LAG saat memainkan game GTA SA Android. Padahal, ponsel tersebut sudah memiliki RAM yang cukup sebesar 1GB yang merupakan minimum requirment dari game GTA SA tersebut.

Lebih parahnya lagi, bahkan ada juga ponsel yang RAM-nya 2GB, namun game GTA SA ini masih saja tetap LAG. Salah satunya adalah Xiaomi Redmi 2 Prime dan Redmi 4A. Kedua ponsel ini RAM memang 2GB, namun tidak cocok untuk memainkan GTA SA.

Tapi tunggu dulu, kali ini saya tidak akan membahas kedua ponsel Xiaomi tersebut. Namun akan lebih mengacu pada pembahasan "bagaimana sih cara agar GTA SA Android ini agar tidak LAG" saat di mainkan?

Nah untuk alasan itulah, artikel ini saya buat untuk memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Mengatasi LAG pada GTA SA Android

Cara ini sebenarnya bisa juga kamu lakukan pada banyak jenis ponsel yang memiliki RAM 1GB. Bisa dari merk Samsung, Nokia, Advan, Xiaomi, Asus, dan lain-lain. (intinya sama saja)

Nah, sedangkan tips mengatasi LAG GTA SA androidnya itu seperti ini.

1. Setting Graphics: High Peformance

Yang pertama dan paling awal sebagian besar gamer mungkin sudah tahu, yaitu mengatur setting grafich agar berada pada mode high peformance. Hal ini bertujuan untuk memerintah game untuk memberikan visual yang lebih rendah, agar tugas dari hardware tidak terlalu berat.

Caranya cukup mudah, tinggal masuk ke OPTIONS, kemudian pilih DISPLAY, atur setting grafik seperti screenshot di bawah ini.
Setting Low pada Display GTA SA Android
Setting Low pada Display GTA SA Android

  • Brightness : 50% (sesuaikan)
  • Visual Effect : LOW
  • Resolution : 50 - 100% (sesuaikan)
  • Draw Distance : 50 - 100% (sesuaikan)
  • Shadow : OFF
  • Car Reflections : OFF
  • Subtitles : ON

Setelah itu langsung masuk ke pengaturan berikutnya, yaitu OPTIONS kemudian pilih GAME. Ubah settingnya menjadi seperti di bawah.
OPTIONS kemudian pilih GAME
OPTIONS kemudian pilih GAME

  • Trafiic Mode : LIGHT
  • Targeting Mode : LOCK ON
  • Vehicle Camera Light : LOW
  • Vibration Feedback : OFF
  • Frame Limiter : OFF

Intinya adalah, tinggal sesuaikan saja dengan spesifikasi ponselmu.

2. Gunakan GL-Tools (Jika perlu)

Menggunakan GL-Tools untuk GTA SA
Menggunakan GL-Tools untuk GTA SA
Aplikasi ini sebenarnya kurang saya rekomendasikan bagi kamu yang sangat mementingkan kualitas grafis. Sebab, jika menggunakan aplikasi ini, maka tampilan game akan sangat jelek dan bahkan terlalu jelek untuk sekelas GTA SA.

Selain itu, jika preset yang kamu lakukan tidak sesuai justru malah akan membuat game GTA SA menjadi error force close. (jika setting tidak PAS atau sesuai)

Jadi, gunakanlah GL Tools ini dengan bijak dengan mempelajari dengan benar cara penggunaan dan resiko dari aplikais GL-Tools ini. (harus root)

Cara menggunakan GL-Tools gimana? Silahkan kalian cari saja di Google dengan kata kunci "Cara Menggunakan GL-Tools GTA SA", maka akan muncul blog yangmembahasnya dengan detail di sana. (terlalu panjang jika harus di tulis disini)

3. Kurangi aplikasi tidak penting (FB, BBM, WA, dll)

Langkah yang ketiga yaitu dengan cara mengurangi beberapa aplikasi tidak penting yang aktif di latar belakang. Sebab, pasti ada saja aplikasi yang secara default "aktif" dan memakan sumber daya memori RAM pada ponsel androidmu itu.

Tutup prosesnya, jika perlu hapus/uninstall saja sekalian.

4. Belum ada tambahan lain...

Sejauh ini belum ada hal lain yang bisa saya tambahkan dalam upaya mengatasi LAG pada GTA SA Android RAM 1GB. Kedepannya mungkin akan saya tambahkan. (jika memang ada)

Kesimpulan...

Poin yang paling penting itu sebenarnya ada pada nomor 1 dan 3. Cukup lakukan hal itu, maka game akan berjalan optimal sesuai dengan kemampuan dari ponsel.

GL-Tools boleh kamu coba, jika memang sudah mengetahui kelebihan dan kelemahan setelah memakainya.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi LAG pada GTA SA Android RAM 1GB Saja (100% work). Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.