5 Cara Mengatasi FB Lite tidak Bisa di Buka / Cuma Loading Saja (fix)

Cara ini bisa kamu lakukan dalam mengatasi FB Lite tidak bisa di buka, cuma loading terus.
Cara ini bisa kamu coba dalam mengatasi FB Lite tidak bisa di buka, cuma loading terus.
Ada kalanya ketika membuka aplikasi android bernama FB Lite, ternyata aplikasi tersebut malah tidak bisa di buka dan hanya menampilkan proses loading terus yang tidak ada habisnya. Siapa pun yang menggunakan layanan Facebook Inc. dari Mark Zuckerberg, pasti tidak ingin mengalami kejadian tersebut.

Nah seperti yang baru saja saya alami beberapa waktu yang lalu, ketika menggunakan ponsel Xiaomi Redmi 4A yang pada awalnya berjalan baik-baik saja. Asumsi awal saya ketika itu adalah mungkin saja "koneksi" yang kurang stabil. (koneksi di pedesaan)

Akan tetapi, setelah membeli paketan Telkomsel yang notabene koneksinya cukup bagus di daerah saya kala itu, ternyata malah tetap saja hasilnya NIHIL alias Facebook Lite masih saja tidak bisa di buka dan cuma muncul loading tak kunjung selesai.

Akhirnya, saya menemukan SOLUSI...

Setelah mencari-cari di lautan informasi google.com, akhirnya saya menemukan SOLUSI mengenai penyebab dan cara mengatasi FB Lite yang tiba-tiba tidak bisa di buka di HP android. (termasuk juga loading yang tak kunjung usai)
FB Lite cuma tampil di loading saja
FB Lite cuma tampil di loading saja
Kemungkinan pertama yang menjadi biang keroknya adalah...

1. Akun FB minta verifikasi...

Poin nomor 1 ini adalah penyebab utama mengapa FB Lite di ponsel saya tiba-tiba tidak bisa di buka, yaitu pihak Facebook mengharuskan saya untuk melakukan sebuah verifikasi kepemilikan akun yang saya gunakan tersebut. (di suruh upload kartu tanda pengenal)

Entah apa maksud dari pihak Facebook, saya pun kurang begitu mengerti. Intinya adalah, saya di haruskan untuk mengupload sebuah tanda pengenal dalam bentuk digital copy, bisa berupa KTP, KK, Ijazah, dan berkas terkait lainnya.

Dan setelah meng-upload file (JPG) dari KTP, akhirnya akun FB saya pun bisa di buka kembali, sekaligus yang ada di aplikasi (APK) FB Lite pun kembali bisa di buka.

Jadi SOLUSI yang bisa saya sampaikan pada poin nomor 1 ini adalah...
Memilih metode verifikasi akun Facebook
Memilih metode verifikasi akun Facebook

Metode verifikasi upload kartu tanda pengenal (KTP, KK, dll)
Metode verifikasi upload kartu tanda pengenal (KTP, KK, dll)

Halaman "upload" file JPG / PDF
Halaman "upload" file JPG / PDF

  1. Buka "www.facebook.com" di browser, kemudian login.
  2. Jika di minta verifikasi, klik Next saja.
  3. Upload kartu pengenal berupa foto / file JPG. (KTP, KK, dll)
  4. Jika sudah upload, tunggu 24 jam.
  5. Selesai...

Ingat ya, membuka "www.facebook.com" nya harus melalui sebuah browser. (contoh browser: Firefox, Chrome, UC Browser, dll)

2. File temporary / cache bertumpuk...

Kemungkinan yang kedua ini bisa jadi file temporary pada aplikasi FB Lite yang kamu gunakan sudah terlalu banyak dan bertumpuk, hingga akhirnya membuat konflik kecil antara APK FB Lite dengan OS Android yang tidak berjalan dengan semestinya.

SOLUSI yang bisa kamu lakukan jika mesalahnya seperti ini, yaitu dengan cara clear data/cache aplikasi FB Lite melalui Setting. (lakukan berhenti paksa, bersihkan cache, kemudian buka kembali aplikasinya)
paksa berhenti, clear cache, data, kemudian buka kembali
paksa berhenti, clear cache, data, kemudian buka kembali

Cara ini tergolong ampuh dan paling sering terjadi di banyak kasus.

3. Aplikasi FB Lite sudah kadaluarsa...

Yang ini juga bisa menjadi kemungkinan penyebab FB Lite tidak bisa di buka, yaitu versi dari file APK sudah menyentuh batasan toleransi terhadap versi minimum untuk dapat di gunakan. Maka dari itu SOLUSI satu-satunya yang bisa di ambil adalah melakukan pembaruan di Playstore.
Uninstall terlebih dahulu FB Lite
Uninstall terlebih dahulu FB Lite

Setelah itu, lakukan pembaruan di Playstore
Setelah itu, lakukan pembaruan di Playstore

Saran saya lebih baik lakukan uninnstall terlebih dahulu, kemudian baru install lagi langsung melalui Google Playstore. (otomatis akan mengunduh versi terbaru)

4. OS Android bermasalah / error...

Atau, mungkin saja yang bermasalah itu justru OS android yang kamu gunakan sudah error, corrupt, akibat virus, dan hal-hal sepele lainnya. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan OS android yang kamu gunakan apakah yakin sudah "100% sehat".
Pastikan keadaan OS android 100% sehat
Pastikan keadaan OS android 100% sehat

Cara cepat dan mudahnya untuk memastikan keadaan OS benar-benar dalam peforma terbaiknya adalah dengan melakukan Reset Pabrik. (jangan lupa backup data sebelum melakukan reset pabrik)

Sedangkan cara alternatif yang lebih "advanced", yaitu dengan melakukan Flashing.


5. Belum ada tambahan...

Sejauh ini belum ada kemungkinan penyebab lain yang bisa saya tuliskan pada poin nomor 5 ini. Kedepannya mungkin akan saya tambahkan, jika memang masih ada yang perlu di tulis.

Kesimpulan...

Jadi kesimpulannya adalah, penyebab FB Lite tidak bisa di buka dan hanya menampilkan loading saja itu di karenakan:

  • Akun butuh di lakukan verifikasi
  • Hapus cache / data temporary
  • Update FB Lite versi terbaru
  • Cek keadaan OS android
  • Dan lain-lain...

Btw, poin-poin di atas juga bisa kamu coba untuk mengatasi FB / facebook lite tidak bisa dibuka dengan WiFi, maupun juga permasalahan tidak bisa dengan Data Seluler. (sebenarnya sama saja solusinya, tetap bisa work)

Oke, itu saja...


Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai 5 Cara Mengatasi FB Lite tidak Bisa di Buka / Cuma Loading Saja (fix). Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”