advanced web statistics 6 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak / Kurang Responsif - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

6 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak / Kurang Responsif

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Touchpad tiba-tiba menjadi tidak responsif ketika menggerakan kursor
Touchpad tiba-tiba menjadi tidak responsif ketika menggerakan kursor
Sebagian perangkat laptop yang telah tersebar di pelosok bumi ini, terkadang akan muncul gejala error yang sangat mengganggu, salah satunya yaitu Touchpad yang terasa kurang responsif ketika digunakan untuk menggerakan kursor.

Seperti yang pernah saya alami beberapa waktu yang lalu, kursor laptop Acer E1-470 yang biasa saya gunakan untuk ngetik di Micorosft Word tiba-tiba mengalami keadaan yang aneh di banding sebelumnya.

Keadaan aneh yang saya maksud itu diantaranya...

  1. Proses geser pada touchpad tidak/kurang merespon
  2. Terkadang, fungsi sentuh 2x tidak berfungsi
  3. Hanya 2 di atas saja...

Keadaan error pada touchpad tersebut saya alami semenjak merakit PC Ryzen 3 2200G, hingga akhirnya laptop Acer tersebut "jarang" sekali saya gunakan. Jadi ya gitu, hanya saya diamkan dan tergeletak di meja kamar rumah.

Entah apa yang menyebabkan touchpad-nya menjadi kurang responsif, kala itu saya belum ketahui. Intinya, laptop tersebut belum pernah terbentur sama sekali.

Penyabab & Solusi Touchpad Kurang Responsif

Setelah kesana kemari berkutat di lautan informasi Google, akhirnya saya dapatkan beberapa hal yang menyebabkan touchpad menjadi error tidak/kurang responsif. Beberapa hal tersebut yaitu...

1. Pernah tercebur / terkena air / dll

Sudah JELAS, bagi yang touchpad laptopnya sudah pernah terkeda tumpahan kopi atau semacamnya, biasanya akan berdampak pada tingkat responsif-nya touchpad pada laptop.

Jika benda cair yang mengenai hanya sedikit (wajar) masih bisa di tolerir. Namun jika jumlahnya cukup banyak dan terus berulang-ulang, ya wassalam. Tergantung seberapa kuat laptop, dan seberapa bejo tingkat keawetan laptop yang kalian miliki tersebut.

SOLUSI:

Cek hardware, bersihkan, ganti...

2. Kondisi fisik touchpad kotor kurang di rawat

Hampir berkaitan dengan poin nomor 1 tadi, bahwa kondisi fisik touchpad laptop haruslah di jaga dari beberapa keungkinan terkena benda-benda cair. Pastikan juga jari-jari kalian sudah bersih dan bebas dari keringat yang bercucuran di telapak tangan.

3. Kondisi di dalam touchpad terdapat jamur / berdebu

Nah ini yang merupakan permasalahan utama laptop Acer E1-470 yang saya ceritakan di awal tulisan tadi. Laptop tersebut mendapat masalah di bagian touchpad akibat kurangnya merawat kebersihan pada area touchpad yang cukup rentan error akibat debu.

SOLUSI:

Cek hardware, bersihkan...

4. Jalur konektor touchpad tidak terhubung sempurna

Jika permasalahan touchpad kalian hanya di karenakan konektor / jalur penghubung antara touchpad dan mainboard kurang sempurna, maka permasalahan ini cukup mudah. bagi yang sudah ahli di bidang teknisi :')

SOLUSI:

Cek hardware, cari jalur yang putus / tidak terhubung...

5. Akibat error di bagian software

Menurut saya, bagian inilah yang paling mudah...

Yang harus kalian lakukan jika touchpad error kurang responsif dikarenakan hal ini, cukup lakukan langkah di bawah...

  • Cobalah untuk scanning pakai antivirus terlebih dahulu.
  • Uninstall driver touchpad, kemudian reinstall kembali.
  • Coba lakukan System Restore. (cari di google)
  • Coba lakukan install ulang OS Windows
  • Jika masih belum bisa, ya kemungkinan hardware.
    (bawa ke tukang servis)

Jika permasalahannya di karenakan hardware, mau tidak mau harus bongkar dan cek langsung kondisi fisiknya si touchpad.

6. Dan masih banyak kemungkinan lainnnya

Selain yang saya sebutkan di atas, tentunya masih ada lagi kemungkinan lain yang "saat ini" belum bisa saya sebutkan semuanya.

SOLUSI Tambahan...

- Pastikan di BIOS fungsi touchpad sudah di aktifkan. (enable)
- Cabut seluruh mouse external yang tersambung.
- Belum ada tambahan...

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai 6 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak / Kurang Responsif. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.