advanced web statistics SOLUSI: AMD Ryzen 3 2200G VIDEO_TDR_FAILURE~Atikmpag.sys - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email...?

SOLUSI: AMD Ryzen 3 2200G VIDEO_TDR_FAILURE~Atikmpag.sys

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
AMD Ryzen 3 2200G VIDEO_TDR_FAILURE~Atikmpag.sys, ada SOLUSI?
AMD Ryzen 3 2200G VIDEO_TDR_FAILURE~Atikmpag.sys, ada SOLUSI?
Tadi sore tepatnya pukul 15.22 WIB (pas lagi nonton unboxing PS Vita), PC yang biasa saya gunakan sehari-hari mengalami bluescreen. Nah bluescreen ini di iringi dengan muncul kode error seperti ini:
VIDEO_TDR_FAILURE~Atikmpag.sys
Jelas saya kaget lah!!!

Yang saya ingat, tidak ada tugas ataupun program berat yang sedang running di PC tersebut. Hanya Firefox, Steam dan juga EagleGet yang terbuka saat itu. Dan entah kenapa tiba-tiba langsung bluescreen dengan error yang sudah saya tulis di atas tadi.

Kejadian, setelah update driver AMD

Sebelumnya PC ini normal-normal saja ketika memakai driver AMD Adrenalin Edition 18.5.1 / 18.9.1. Saya bilang normal, karena hampir belum pernah terjadi bluescreen semasa memakai 2 jenis/versi dari diver tersebut.

Catatan:
Btw, ketika masih pakai driver versi AWAL AMD Ryzen 2200G yang dulu juga sempat beberapa kali bluescreen (awal2 pertama kali muncul). Namun setelah rilis driver 18.5.1 sampai 18.9.1, kejadian tiba-tiba bluescreen sudah di fix tim AMD dengan cukup baik. (bluescreen sudah hilang)

Nah TAPI kejadian ini (bluescreen) sepertinya terulang kembali pada driver yang justru paling baru "saat ini", yaitu versi 18.10.1 (18 oktober 2018)

Entah ini cuma PC saya saja yang mengalami atau tidak, intinya PC saya mengalami bluescreen pada saat penggunaan wajar (browsing, nonton film, dll) semenjak update driver ke versi terbaru 18.10.1 (rilis tanggal 18 oktober 2018)

Bagaimana SOLUSInya?

Bagi kamu yang kebetulan memiliki masalah yang sama seperti saya, SOLUSI yang bisa saya berikan kepada kamu yaitu dengan cara mengganti driver ke versi sebelumnya. (overwrite)

Jadi driver yang "menurut saya" paling optimize (tidak bluescreen) pada AMD Ryzen 3 2200G, yaitu versi 18.5.1 sampai 18.9.1. Sedangkan untuk versi yang terbaru 18.10.1 (18 oktober), kemungkinan akan mengalami bluescreen dengan error kode VIDEO_TDR_FAILURE~Atikmpag.sys.

Entah komponen hardware PC saya yang salah satunya masih belum full compatible, hingga menyebabkan software-nya jadi error/bug dengan Ryzen atau bagaimana, masih menjadi misteri!!!

Intinya adalah, solusi "sementara" yang bisa di lakukan, balik lagi aja ke driver sebelumnya. (18.5.1 sampai 18.9.1) Selanjutnya tinggal menunggu driver versi selanjutnya yang akan datang. (semoga sudah di fix + tidak error bluescreen lagi)

Kesimpulan...

Versi program/driver yang lebih baru, bukan berarti PASTI akan lebih bagus dari versi sebelumnya. Tidak SELALU seperti itu, terkadang justru kebalikannya. (terjadi penurunan / muncul bug baru)

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai AMD Ryzen 3 2200G VIDEO_TDR_FAILURE~Atikmpag.sys, SOLUSI? Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Jika ada hal penting yang mau ditanyakan, silahkan PM saya di media sosial / halaman about. Dan terima kasih jg atas kunjungannya ke blog RezaNauma.com πŸ˜€πŸ‘

29 Komentar

  1. Bang Reza. PC Abang setelah Balek ke driver lama ad muncul error lgi gk?

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Bang kok punya gua asik error aj ya. Padahal dah pake driver yang disaranin

      Hapus
    2. coba lakukan FULL uninstall manual dulu->>restart->>lanjut install lg drivernya...

      klo msih bluescreen, mungkin krna pnyebab lain... OS Windowsnya pastiin "100% sehat" bebas virus/malware...

      Hapus
  3. hmmmm klo aku setiap main game gitu mlu tiba tiba frezee langsung blue screen atimag gitulah FRUSTASI AKUTUH

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo error kodenya "sama persis" sprti di artikel, ckup lakuin full uninstall->>restart->>reinstall pake driver update PALING BARU...

      Hapus
  4. Blom bisa ni bang masalah atikmpag.sys
    Bang PC mu di bagian windows-system 32 - drivers ada file atikmpag.sys gk?
    W baca di artikel seharusnya ada. Tapi PC w kok ad file itu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada... (atikmpag.sys)

      smua PC (AMD) hrusnya emng ada file driver trsebut...
      cara nemuin, lakukan "Pencarian" di file explorer, stelah itu ketik "atikmpag.sys", lalu Enter! πŸ‘

      Hapus
  5. Pnya ku gk ad bang file nya. Mungkin penyebabnya itu
    Setiap install ulang gk ad

    BalasHapus
    Balasan
    1. antara nggk ada, atau emng "blm ketemu" nyari filenya...

      Hapus
  6. sip.. akhirnya nemu tutornya juga..

    BalasHapus
  7. Saya juga kena masalah gitu min.

    BalasHapus
  8. kacau hampir frustasi liat tutor sana sini gk bisa bisa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake driver versi paling baru...

      pake windows 10 update paling baru...

      Hapus
  9. kalo saya sering blue screen tpi tiap kode beda2
    -PfN list korup
    -stop Dpc whatsdog
    -stop code critical proses died
    -:stop code memory management

    itu kenapa ya di cek hardist kta apklikasi sehat baik2 saja,tp sempet brisik hardis nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo agan pakai Ryzen 3 (2200g), tulisan error "pfn list corrupt" itu gara2 jumlah vram yg di alokasikan ke GPU Vega8 terlalu kecil dgn kbutuhkan game yg sedang di buka...

      soalnya prnah ngalamin kjadian R32200g bluescreen pas buka GTA5 (very high) dgn vram di set cuma 1024mb.

      gta5 (veryhigh) rekomendasi set vram 2048mb aja...

      error kode yg lain, blm pernah ngalamin.

      Hapus
  10. mobo asrock a320m-hdv
    proci r3 2200g
    klo kasus blacksreen masalahnya dimana ya, jd pas pencet power muncul logo asrock abis itu black screen sepanjangan/ga munculwindows?
    driver dan bios sudah update yg terbaru
    tp klo pake VGA jd normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. update Windows ke build paling baru...
      update windows defender...

      Hapus
  11. Bang gw prustasi sekali , setiap bermain game pasti bluscsreen

    BalasHapus
  12. RIG PC ane Ryzen 5 2400G, sudah install fresh win 10 64bit, ketika main game far cry 5 sering muncul blue screen error code atikmpag.sys. sudah install and update driver vga terbaru lewat "driver easy", akan tetapi masih sering muncul error code atikmpag.sys. solusinya bagaimana y...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba update bios motherboard ke versi paling baru...

      driver VGAnya install manual aja, dwnload lngsung dri website AMD. (jgn pake driverpack/easy driver)

      Hapus
    2. driver vga sudah dihapus menggunakan Display Driver Uninstaller 18.0.1.4 lewat bios, install driver amd adrenalin 2019 Edition 19.5.2 (website AMD) = belum berhasil masih bsod atikmpag.sys, kemudian coba install driver amd adrenalin 2019 19.4.1 (versi lama) = belum berhasil juga. coba update bios takutnya hilang garansinya mobonya. coba setting ram di 2133 mhz dibios coz ram ane 2666Mhz = not work. OS win 10 build 1809. oh ya RIG Mobo Asrock A320M HDV, RAM Apacher Panther 2x4GB. Kira2x kerusakan di hardware ato soft y. mumpung masih garansi. ada cara lain. terima kasih

      Hapus
    3. update bios nggk ngilangin garansi... proses install sama prsis kaya install software biasa. (klik->>browse->>finish)

      **********************

      set bios all default->>format partisi C->>reinstall OS windows->>install driverAMD->>pastiin nggk ada bluescreen lg pas proses install driverVGA

      Hapus
    4. Sekedar Info : error code Atikmpag.sys tidak melulu kerusakan software tetapi bisa hardware, akhirnya sy menemukan solusinya dengan mengganti motherboard dan ramnya, sampai detik ini buat main game selama 3 s/d 4 jam di game fifa 2019, the withcer 3, far cry 5 lancar jaya. Ceritanya sy ke toko PC sebut sj toko "GC" langsung mencoba di dua PC sekaligus Procie Ryzen 3 (punya ane ryzen 5), Mobo Asrock A320M-HDV (mobo sama dengan punya sy), RAM beda merk tetapi sama 8GB (2x 4GB dual channel), OS win 10 (sama versi), Game The witcher 2 (sama). akhirnya yang muncul error codenya atikmpag.sys (pc punya saya) baru dicoba main game sekitar 10 menitan. analisa dari toko GC kerusakan di chipset vga mobonya akhirnya sy mengklaim garansi pihak toko "Q" dan toko "Q" bersedia mengganti motherboard dan ramnya sekaligus. mungkin ini sebagai pengalaman pribadi sy dan juga berguna bagi orang lain juga. terima kasih

      Hapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi...
πŸ˜¬πŸ˜¬πŸ˜¬πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘☕☕☕☕