Dapet PS3 MURAH, Cuma 800 Ribu PAS!!! (OFW + 1 Game + 2 Stik)

Dapetin PS3 murah, harga Rp.800.000 (PS3, 2 stik, 1 game)
Ini sekedar artikel curhat aja sih... (nggak penting-penting amat ๐Ÿ™„)

Jadi gini, kemarin baru saja saya membeli sebuah PlayStation 3 atau biasa disingkat PS3 seharga 800 ribu saja. Benar-benar super murah bukan??? (bagi saya, itu tergolong SUPERR DUPERR, TERRRMURAH... ๐Ÿ’ฒ๐Ÿ’ฒ๐Ÿ’ฒ)

Harga tersebut benar-benar "PAS" Rp. 800.000. (tidak kurang, dan tidak lebih)

Kelengkapan & kondisi PS3

Beberapa kelangkapan yang saya dapatkan antara lain:

  • SONY PS3 Slim (original firmware)
  • 1 buah BD / kaset Pro Evolution Soccer 2015
  • 2 buah stik (1 PS3, 1 PS2 + Bonus PCB stik PS3)

Ohh iya, kapasitas hardisk bawaan si PS3 yang saya dapatkan ini tergolong kecil, hanya 40GB saja. Itupun sudah terpakai sekitar 7GB untuk installasi game PES2015 tadi. (jika dilihat dari system setting, masih tersisa sekitar 31GB)

UPDATE: Sekarang, sudah saya ganti hardisk menjadi 320GB.

Masih pakai Original Firmware (OFW)

Dikarenakan si PS3 ini masih OFW (original firmware), jadi ya "saat ini" belum bisa memainkan game BAJAKAN. ๐Ÿ˜ช Tapi tak apalah, yang penting harganya murahh... ๐Ÿ‘Œ nais*

Sebab, ketika saya cek harga di tokopedia, harga pasaran (paling murah) PS3 ternyata masih menyentuh angka 1,3jt an. Dan itupun khusus untuk PS3 seri FAT, dimana seri FAT ini sangat-sangat dihindari oleh pembeli. (setahu saya begitu, rentan terkena YLOD)

Sedangkan harga PS3 Slim (31 Desember 2018) masih sekitar 1,5 - 1,8jt an, tergantung si penjual. Bahkan masih ada juga yang menjual diharga 2jt an. (sistem CFW + 500GB full game)
Beli PS3 murah, harga 800 ribu
Beli PS3 murah, harga 800 ribu... wkwkw ๐Ÿ˜๐Ÿ‘ (di group jual beli FB)
Di postingan si penjual menulis "belum hardisk", tapi yang sebenarnya di dalam PS3 tersebut TERNYATA sudah terdapat HDD sebesar 40GB. Cukup membingungkan memang, apalagi saya pun belum pernah memegang yang namanya PS3. (kirain hardisk bawaan udah dicopot)

Setelah ngobrol panjang lebar dengan si penjual, akhirnya saya ngerti apa yang di maksud "belum hardisk" kata si penjual. (penjelasannnya ada di bawah)

Begini penjelasannya,

Ia (si penjual) menyebut PS3 ini "belum hardisk", dikarenakan untuk memainkan gamenya itu dibutuhkan sebuah kaset / BD yang harus di masukan terlebih dahulu ke DVD ROM PS3. Nah kaset / BD ini digunakan sebagai shortcut untuk membuka game terkait. (contoh: PES2015)

Jadi intinya adalah, PS3 ini masih OFW, alias belum bisa memainkan game "langsung" dari hardisk internal yang ada di dalam PS3. Data/file game akan otomatis tersimpan di HDD, sedangkan kaset/BD digunakan sebagai shortcut/opener game.

Hal tersebut sebenarnya "wajar", alasannya ya karena PS3 ini masih pake sistem OFW (original firmware). Sedangkan PS3 yang bisa memainkan game langsung dari hardisk (tidak memerlukan kaset/BD) itu harus memakai sistem CFW. (custom firmware)

Nah untuk mengubah sistem PS3 menjadi CFW, harus dilakukan yang namanya "jailbreak" terlebih dahulu. Istilahnya sama seperti di iOS, kalo di OS android di sebut sebagai Rooting. (tujuannya agar bisa leluasa dalam melakukan custom firmware, dll)

Sistem firmware-nya di utak-atik (custom) agar bisa memainkan copy-an langsung dari hardisk, tanpa memerlukan kaset / BD original yang seharusnya di beli oleh pengguna PS3. (juga PS4 tentunya)

Info tambahan...

Sekedar info tambahan aja, saat ini saya sedang uji coba melakukan custom firmware. (dengan bermodalkan tutor video di Youtube)

Semoga berhasil... ๐Ÿ˜Œ

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Dapet PS3 MURAH, Cuma 800 Ribu PAS!!! (OFW + 1 Game + 2 Stik). Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”