advanced web statistics Cara Mengatasi FREE FIRE Loading Lama tidak Bisa Mulai (100% fix) - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email...?

Cara Mengatasi FREE FIRE Loading Lama tidak Bisa Mulai (100% fix)

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Free Fire tiba-tiba loading lama, terkadang tidak bisa dibuka?
Free Fire tiba-tiba loading lama, terkadang tidak bisa dibuka?
Sebenarnya agak susah juga sih, jika mengalami game FREE FIRE yang tiba-tiba loading terasa lama, atau bahkan tidak bisa dimulai sama sekali. Karena memang ada buanyak faktor yang bisa menjadi penyebab game tersebut jadi seperti itu.

Itu baru spesifik berdasarkan pada software gamenya, belum lagi dengan merk & tipe ponsel yang digunakan tentu menjadi salah satu pemicu FREE FIRE tiba-tiba tidak bisa mulai, ataupun sekedar loading terasa lama.

Penyebab Free Fire loading lama (tidak bisa mulai)

Seperti yang sudah saya singgung sedikit di atas tadi, ada banyak penyebab yang bisa memicu Free Fire menjadi loading lama, atau bahkan tidak bisa dimulai sama sekali.

Akan saya sebutkan satu persatu...

Yang pertama adalah...

1. Storage internal menipis (hampir full)

Ketika berada di tampilan loading screen, sebenarnya terdapat proses yang mirip seperti transfer data. Proses ini antara lain seperti pengecekan file/data game jpg, audio, script, dll yang ada pada folder game.

Semua data2 game tersebut akan di muat/load dan di verifikasi yang kemudian akan di tampilkan di layar ponsel sesuai perintah-perintah yang ada. Pada proses ini, sangat bergantung pada kualitas read/write dari memori flash ponsel yang akan berdampak pada kecepatan loading tadi.

Nah sekarang masalahnya, jika memori internal ponsel sudah menipis/penuh, tentu akan menghambat proses load file2 dari game. Jika ini dibiarkan, beberapa game kemungkinan akan mengalami stuck, loading lama, file tidak ter-load dengan benar, dan error konyol lainnya.

SOLUSInya adalah, sisakan ruang kosong penyimpanan... Paling tidak, sebesar 20% saja sudah cukup.

2. Kualitas sinyal jelek (tidak stabil)

Pastikan juga kualitas sinyal yang kamu gunakan itu stabil, alias tidak naik turun sehingga menyebabkan loading screen FREE FIRE menjadi sangat lama/tidak bisa dimulai.

Menurut saya, untuk bermain game online seperti FreeFire/PUBGM itu minimal harus H+ / 4G!

3. Spesifikasi ponsel dibawah minimum

Spesifikasi minimum ponsel untuk bisa menjalankan game Free Fire itu paling tidak harus CPU 4 Core dan RAM 2GB. (minimal Adreno 425, dibawah itu udah agak lag)

Dan kalau mau lebih optimal lagi, saya sarankan menggunakan RAM 3GB. Sebab, aplikasi seperti FB, WA, dll sudah memakan RAM yang cukup banyak juga. RAM 2GB sepertinya sudah terlalu maksa untuk di PAS-PASin.

4. eMMC, sudah hampir rusak

eMMC yang sudah hampir rusak biasanya akan berdampak pada proses copy file terasa lebih lama dari biasanya. Ada juga dampak lain seperti sering restart, muncul sayangnya berhenti, tidak bisa reset pabrik, dll.

Nah kaitannya dengan game Free Fire, tentu akan menyulitkan game tersebut dalam mengakses data/file2 yang di butuhkan ketika game ini sedang running.

Silahkan baca 10 Ciri eMMC yang sudah/hampir segera rusak, jika kamu ingin tau lebih jauh tentang permasalahan ini. (di artikel tersebut, sudah saya tulis dengan lengkap)

5. File APK game corrupt/rusak

Pastikan file APK dari game tidak corrupt/rusak. Saya sarankan untuk mengunduhnya langsung di Play Store saja, jangan dari pencarian Google atau semacamnya. (bisa jadi file APK tersebut sudah di modif, sehingga memungkinkan adanya kerusakan file dari si editor)

6. File APK telah di modifikasi

Berkaitan dengan poin nomor 5 tadi, jika memang dari awal kamu sudah tau bahwa file APK yang kamu gunakan sudah di MODIF dengan tujuan untuk ch*at atau semacamnya, pastikan bahwa file APK itu sudah di test sebelumnya. (waspada terhadap malware iklan/virus dari aplikasi pihak ketiga)

7. Keadaan OS android, kurang baik

Kemungkinan lain, bisa jadi keadaan OS android yang kamu gunakan tidak dalam kondisi terbaiknya.

SOLUSI paling mudah yang bisa kamu coba langsung yaitu dengan mengurangi aplikasi tidak penting yang aktif di latar belakang.

Jika masih belum memberikan dampak positif yang signifikan, cobalah untuk melakukan reset pabrik.

Dan jika masih belum bisa juga, langkah terakhir lakukan flashing firmware baru. (sesuaikan dengan tipe ponsel)

Kesimpulan...

Yang tepenting dari poin-poin diatas adalah, jagalah "kesehatan" bagian software / OS android kalian agar peforma yang didapat sudah semaksimal mungkin, sesuai kemampuan seharusnya ponsel tersebut.

Oke, itu saja...

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi FREE FIRE Loading Lama tidak Bisa Mulai (100% fix). Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Jika ada hal penting yang mau ditanyakan, silahkan PM saya di media sosial / halaman about. ๐Ÿค Ingin kerjasama??? Silahkan contact admin reza.nauma@gmail.com ✅

2 Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi...
๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘☕☕☕☕