3 Cara Mengatasi Suara / Audio Laptop Tiba-Tiba Hilang! (fix)

Suara speaker laptop tiba-tiba hilang? Coba cara ini gaes!
Suara speaker laptop tiba-tiba hilang? Coba cara ini gaes!
Kali ini tutorialnya singkat aja gaes, yaitu tentang gimana cara mengatasi suara laptop yang tiba-tiba menghilang. Entah karena apa penyebabnya masih jadi misteri... Intinya suara dari speaker itu tiba tiba nggak keluar suara sama sekali.

Gimana, punya masalah seperti ini???

Oke, silahkan baca sampai tuntas!

Suara / Audio Laptop Tiba-Tiba Hilang!

Kejadian ini baru saja saya alami di laptop ASUS dengan OS Windows 10. Padahal sebelumnya di Windows 7 belum pernah mengalami kejadian aneh ini πŸ˜₯

Bukan cuma merk ASUS aja sebenarnya... Merk lain seperti LENOVO, ACER, SAMSUNG, TOSHIBA, dll pun tentu bisa mengalami hal yang sama jika belum full compatible dengan Windows 10. (kira-kira seperti itu.

Gimana cara ngatasinya?

Oke langsung aja ya, ini yang saya lakukan agar suara dari speaker laptop bisa muncul lagi.

1. Cabut/pasang audo jack 3.5

Keliatan konyol kan???

Apa kaitannya colokan jack audio 3.5 dengan speaker? Kalo di pikir2 sih kayaknya nggak bakal ngaruh πŸ™„ Soalnya saya juga mikir gitu pas di awal2. Ehh tapi ternyata setelah colokan headset saya pasang kemudian lepas lagi,  si speaker tiba-tiba normal.

Mending kalian coba aja dulu deh cara simpel yang pertama ini. Kali aja kasusnya sama dengan laptop yang saya pakai.

Dugaan sementara sih ini akibat driver software-nya yang konflik atau "agak bingung" gitu dengan transisi hardware output-nya harus di bagian mana. (antara headset dan speaker)

2. Lakukan restart laptop

Langkah termudah kedua yaitu dengan restart ulang laptop!

Poin nomor 2 ini juga biasanya ampuh jika permasalahannya hanya di software / OS Windows-nya aja yang lagi oleng. Jadi dia butuh di restart agar seluruh services yang ada bisa di mulai ulang, hingga hardware-nya pun bisa terbaca & berfungsi dengan normal.

3. Speaker tidak terkoneksi / lepas

Nah yang ini agak susah, karena harus bongkar agar bisa cek di bagian dalam laptop. Cek di bagian speaker dan pastikan kabel / konektor sudah terpasang dengan benar.

Hal ini biasa terjadi jika laptop tersebut tidak sengaja kebanting / terbentur hingga menyebabkan speaker mati total kresek / tidak terbaca. (no speakers or headphones are plugged in windows 10)

Info tambahan...

Pastikan di "devices manager" tidak ada tanda kuning!
cek devices manager!
cek devices manager!
Jika ada tanda seru (kuning), hal tersebut menandakan bahwa ada masalah dengan driver audio. Coba lakukan disable/enable, restart pc, ataupun reinstall driver jika perlu.

Catatan...

Oke itu aja, singkat aja kok artikelnya! Hehe boii 😏

Jika ada pertanyaan, silahkan komentar aja.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai 3 Cara Mengatasi Suara / Audio Laptop Tiba-Tiba Hilang! (fix) sound problem. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”