Cari Tahu Manfaat Melakukan Aktivitas Perpanjangan SIM Online

Perpanjang SIM online
Syarat Perpanjang SIM, Bisa Online dan Offline
Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil baru atau bekas, pastikanlah kamu mengetahui berbagai informasi penting yang diperlukan seperti perawatan dan perbaikan apabila terjadi masalah. 

Kemudian jangan melupakan dokumen penting lainnya seperti Surat Izin Mengemudi (SIM). Jangan sampai lupa bawa SIM saat sedang melintas di beberapa jalan untuk menuju lokasi tertentu. 

Jika tertinggal, pastikan segera kembali ke rumah agar bisa membawa SIM saat berkendara. 

Ada hal yang dilarang yaitu memaksakan mengendarai tanpa adanya SIM akan melanggar hukum yang ada.

Apalagi tahap pembuatan atau perpanjangan SIM saat ini semakin mudah dan cepat. Kehadiran metode online telah membantu para pemilik SIM melalui proses cepat dengan mudah. 

Apa keuntungannya? 

Berikut adalah beberapa manfaat dari perpanjangan SIM secara online, seperti lebih banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk hal yang berguna, fleksibilitas dalam mengurus dokumen, dan biaya administrasi yang rendah.

1. Data telah menyatu atau terintegrasi

Integrasi data yang tersimpan di berbagai lembaga tentu akan digunakan dalam proses pengembangan sistem perpanjangan online ini. 

Data yang ada di SIM dapat terhubung dengan data yang disimpan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil. 

Selain itu, salah satu syarat perpanjang SIM adalah harus menyertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

Dengan koneksi data yang sempurna ini, petugas dapat melakukan monitoring dan laporan secara efektif sehingga mempermudah semua proses menjadi satu sistem saja.

2. Dapat diakses di manapun

Dengan melakukan perpanjangan masa aktif SIM secara online, maka dapat dengan mudah mengaksesnya dari mana saja dan tidak terbatas lagi oleh lokasi. 

Artinya dapat membuat atau memperbarui SIM tanpa harus berada di tempat tinggal sesuai KTP. 

Saat mengambil SIM baru, tentu saja masih dapat memilih kantor Satpas terdekat untuk mendapatkan fasilitas yang lebih cepat serta mendukung kepraktisan.

3. Waktu jadi lebih efisien

Jika memilih proses pengurusan surat izin mengemudi secara offline atau langsung datang ke lokasi, maka siapa saja harus siap untuk mengantri di loket pendaftaran. 

Belum lagi, biasanya juga harus antri untuk tes, foto, dan berbagai macam kegiatan lain yang jelas akan membuat penyelesaian proses jadi lebih lama dan menghabiskan waktu. 

Dengan cara online ini, maka bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya selama melakukan proses pembuatan SIM.

Banyak orang sekarang mulai beralih dari proses offline ke online karena melalui sistem ini bisa melakukan perpanjangan SIM dengan lebih mudah. 

Setelah itu, mereka bisa mendapatkan mobil bekas yang benar-benar diincar selama ini dengan aplikasi mobbi. 

Aplikasi ini fokus untuk menyediakan berbagai pilihan mobil yang masih bagus dari berbagai merk. 

Selain itu, aplikasi terbaik yang nama pertamanya adalah mo88i juga menyediakan layanan kredit untuk siapa saja yang tertarik bawa pulang kendaraan bekas.