advanced web statistics Grand Theft Auto 5 has Stopped Working, Saya Harus Bagaimana? - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Grand Theft Auto 5 has Stopped Working, Saya Harus Bagaimana?

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Grand Theft Auto V has Stopped Working, Saya Harus Bagaimana?
Pernahkah kamu mengalami gta5 has stopped working?
Setelah berhasil menginstall game Grand Theft Auto V di PC atau pun Laptop, beberapa orang mungkin ada yang pernah mengalami masalah yang satu ini. Yaitu di mana suatu game tiba-tiba keluar/menutup sendiri ketika sedang di mainkan atau pun saat pertama kali di buka.

Baca : Grand Theft Auto V: Cara Extreme untuk Bisa Meningkatkan FPS!

Jujur, saya sendiri pernah mengalami secara langsung permasalahan sepele pada Grand Theft Auto V ini. Hal tersebut tentunya cukup mampu untuk membuat hati ini terasa “panik”. (di kala itu, Windows 10)

Dan pada saat game yang kita buka tadi (Grand Theft Auto V) keluar sendiri, selanjutnya akan muncul pop up/notifikasi yang menyatakan bahwa game tersebut telah berhenti bekerja dengan semestinya.

Kira-kira tampilannya seperti di bawah ini.
Grand Theft Auto V has Stopped Working
Grand Theft Auto V has Stopped Working
Nah sekarang pertanyaanya, apa yang harus saya lakukan ketika menemui masalah tersebut? (has stop working tadi)

Jika kamu saat ini sedang mengalami masalah tersebut, silahkan lanjutkan membaca artikel hingga bagian akhir nanti.

Pahami dulu permasalahannya...

Ketika kamu tiba-tiba menemui masalah seperti ini, jangan langsung panik. Cobalah untuk menenangkan pikiran terlebih dahulu, kemudian carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai masalah tersebut di internet.

Tahapannya seperti ini, pahami dulu permasalahannya, cari referensi, pelajari, dan jika sudah mengetahui “titik permasalahan”, selanjutnya kamu tinggal melakukan “troubleshooting”.

Intinya kamu harus mengetahui terlebih dahulu, kira-kira apa sih yang menyebabkan Grand Theft Auto V saya tersebut tiba-tiba bisa keluar sendiri di sertai dengan munculnya pop up “has stopped working”.

Apakah ada kesalahan pada gamenya? (mungkin)

OS Windowsnya? (mungkin)

Atau bisa saja malah karena kesalahan si penggunanya!

Kemungkinan yang bisa saja terjadi...

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi, pahami dulu permasalahannya (keadaan PC/Laptop kamu), kemudian barulah lakukan “perubahan sederhana” pada PC/Laptop kamu yang bermasalah tersebut.

Dan di bawah ini merupakan beberapa hal (langkah sederhana) yang bisa kamu lakukan dalam mengatasi Grand Theft Auto V yang mengalami keluar sendiri secara tiba-tiba/ muncul pop up “has stopped working”.

Silahkan untuk di coba,

1. Cek spesifikasimu...

Cek spesifikasi PC/Laptopmu menggunakan Dxdiag
Cek spesifikasi PC/Laptopmu menggunakan Dxdiag
Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengecek terlebih dahulu spesifikasi PC/Laptop yang kamu gunakan.

Sebab, pada beberapa PC/Laptop Low End, permasalahan seperti “has stopped working”, force close, dan permasalahan umum lainnya memang biasanya lebih sering terjadi di Low Spec. (hardware kurang memadai)

Apalagi jika kamu tidak berhati-hati dalam merawat OS Windows (software) yang kamu gunakan untuk membuka game Grand Theft Auto tersebut. Maka besar kemungkinan dapat memunculkan permasalahan seperti itu.

Dan jika menurutmu spesifikasi PC/Laptop kamu itu sudah cukup mumpuni, silahkan lewati langkah yang satu ini, dan lanjutkan ke tahap pengecekan di langkah kedua nanti.

2. OS Windowsmu ada yang “tidak beres”...

Cek keadaan Windowsmu, apakah sudah beres?
Cek keadaan Windowsmu, apakah sudah beres?
Kata “tidak beres” di sini maksudnya adalah, mungkin saja OS Windows yang kamu gunakan saat ini sedang di hinggapi oleh virus (bukan lalat). Mungkin saja virus yang sedang berada di PC kamu tersebut cukup “pintar & bandel”.

Bisa saja komponen penting windows seperti registry, “exe” files, “dll” files yang ada pada OS (Windows) kamu tersebut sudah terkena virus, yang mengakibatkan kinerja OS Windows tidak berjalan dengan semestinya.

Nah, keadaan OS Windows yang sudah terlanjur seperti ini tentu saja dapat menimbulkan berbagai macam masalah umum Windows, salah satunya adalah munculnya pop up “has stopped working” pada Grand Theft Auto V.

3. Mungkin, Gand Theft Auto V kamu yang kena virus?

Folder directory game Grand Theft Auto V
Folder directory game Grand Theft Auto V
Bisa saja kan, game Grand Theft Auto V kamu yang justru malah terkena serangan virus pada file Launchernya (exe). Segala bentuk file yang berekstensi “.exe” umumnya sangat berpotensi untuk di rusak oleh virus.

Cara yang paling sederhana jika memang kamu yakin bahwa file “exe” dari Launcher GTAV kamu terkena virus adalah dengan cara menggantinya (Launcher GTAV.exe) dengan yang baru. (cari di internet)

Cukup mengunduh ulang file “Launcher GTAV.exe”, kemudian letakan ke directory dimana game Grand Theft Auto V kamu bereada, setelah itu silahkan untuk di replece/overwrite saja.

Akan tetapi, hal tersebut tidak perlu kamu lakukan jika kamu sudah memiliki file backup dari game Grand Theft Auto V.

Paham maksudnya kan?

4. Disable antivirus, mungkin bisa membantu...

Saya menggunakan antivirus bawaan Windows (Defender)
Saya menggunakan antivirus bawaan Windows (Defender)
Ada beberapa blog yang mengatakan bahwa antivirus juga memiliki potensi untuk mengganggu kelangsungan suatu proses yang ada pada game Grand Theft Auto V. (ada benarnya juga, kerena antivirus selalu aktif + berat)

Yah, jawabannya bisa iya, bisa tidak sih. Tapi jujur, saya kurang setuju dengan pendapat ini. (setuju=60%, tidak setuju=40%)

Atau mungkin seperti ini, jika game (Grand Theft Auto V) yang kamu gunakan adalah jenis “Bajakan”, ada benarnya juga bahwa kamu harus mematikan antivirus.

Mengapa begitu? Jawabannya adalah, karena Patch/Crack yang kamu gunakan pada game tersebut (Grand Theft Auto V), tidak lain adalah sama saja dengan sebuah “virus” juga. (virus jahat & virus baik)

Nah, bagi kamu yang menggunakan game (Grand Theft Auto V) Original, tidak perlu khawatir. Sebab, hal tersebut (antivirus) tidak akan berpengaruh pada proses berjalannya game kamu.

Mungkin akan berpengaruh sedikit pada bagian “peforma” jika PC/Laptop yang kamu gunakan tergolong Low Spec.

5. Coba lakukan update GTAV...

Coba lakukan update pada game Grand Theft Auto V kamu!
Coba lakukan update pada game Grand Theft Auto V kamu!
Cobalah untuk melakukan update pada game Grand Theft Auto V kamu tersebut. Saya sendiri pernah melakukannya dan memang terbukti berhasil bisa mengatasi permasalahan “has stopped working” tersebut. (beruntung)

Btw, kala itu saya melakukan update secara offline.

Tidak ada salahnya mencoba.

Tambahan...

Game Grand Theft Auto V (bagi saya) memang game yang paling “worth it” untuk di beli. Dengan membelinya, maka kamu bisa memanfaatkan fitur ONLINE pada game ini. (Grand Theft Auto Online)

Kamu bisa membelinya dengan harga murah di Steam. (kalau mau)

Kesimpulan...

Grand Theft Auto V merupakan game yang sangat populer di awal perilisan (2013) hingga sekarang (2017). Dan kemungkinan besar para pemainnya akan terus bertambah di tahun-tahun mendatang. (karena memang gamenya GILA!)

Tapi ingat, sebagus apapun game itu, tentunya tidak akan luput dari kekurangan. (Ciptaan manusia)

Sedangkan untuk mengatasi permasalahan “has stopped working”, cukup ketahui terlebih dahulu inti dari permasalahan, kemudian barulah lakukan perbaikan (troubelshoot).

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai Grand Theft Auto V has Stopped Working, Saya Harus Bagaimana. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Semoga berhasil, dan selamat mencoba.

Sampai jumpa di lain waktu,

Terima kasih

Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat

Janganlah sungkan untuk bertanya, karena saya orangnya baik hati

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

5 Komentar

  1. dapet berapa fps gan di spek itu?

    BalasHapus
  2. Gan laptop ane spek i5 gen 7 nvidia 940mx kenapa has stopped working padahal saya sudah mengikuti apa yang
    Di suruh diatas
    Mohon bantuan nya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek keadaan OS windows
      Cek keadaan game
      Directx, c++, dll...

      Hapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.