advanced web statistics Cara Mengatasi GTA SA Lite Android Force Close saat Klik Offline - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Cara Mengatasi GTA SA Lite Android Force Close saat Klik Offline

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Cara ini bisa kamu lakukan jika GTA SA Lite keluar sendiri saat di tekan mode Offline.
Cara ini bisa kamu lakukan jika GTA SA Lite keluar sendiri saat di tekan mode Offline.
Apakah saat ini kamu sedang mengalami masalah GTA SA Lite yang tiba-tiba keluar sendiri ketika di tekan tombol offline pada layar HP androidmu? Jika iya, maka kamu berada pada artikel yang tepat.

Baca: 5 Cara agar Darah Bisa Panjang pada GTA San Andreas (max health)

Sebab, di bawah nanti akan saya jelaskan secara singkat mengenai penyebab dan SOLUSI tentang cara sederhana dalam mengatasi hal yang cukup menjengkelkan tersebut.

Yang pertama, bahas penyebabnya terlebih dahulu...

Penyebab GTA SA Lite force close saat klik offline

Kejadian ini berawal saat kita sudah berada pada tampilan menu paling awal GTA SA Lite, yaitu pemilihan mode Online atau Offline. Ketika tombol Offline ini di pencet, entah kenapa GTA SA jadi keluar sendiri / force close.

Beberapa kemungkinan yang  menjadi penyebabnya adalah sebagai berikut.

Yang pertama adalah...

1. Data file game ada yang corrupt

Kemungkinan pertama yaitu terletak pada permasalahan komponen file dari data game ada beberapa yang mengalami corrupt atau RUSAK.

Hal tersebut bisa jadi karena proses download yang tidak selesai / complete dengan 100%, atau bisa juga di karenakan kerusakan akibat ulah virus.

Jika memang masalahnya ini, maka SOLUSI yang bisa kamu ambil adalah dengan cara meng-extract ulang data file game yang sebelumnya sudah kamu unduh.

Bisa jadi proses extract-nya gagal, atau bahkan proses download-nya lah yang gagal hingga menyebabkan corrupt.

2. Penempatan data/file game tidak sesuai

Poin nomor 2 ini juga biasanya sering terjadi pada sebagian orang yang mencoba install game android secara manual. Biasanya mereka salah dalam melakukan peletakan file yang di perintahkan oleh game.

Sebagai contoh, game-game tertentu ada yang mengharuskan file di letakan pada folder Android/Obb, tapi malah file game itu di letekan di folder lainnya.

Sudah tentu jika folder data gamenya salah, maka game tidak akan berjalan dengan semestinya.

Sebab, file APK hanyalah “pembuka” awal dari suatu game, yang kemudian di lanjutkan dengan me-load data file game tambahan yang seharusnya sudah tersimpan pada penyimpanan Internal / eksternal.

3. Jenis GPU tidak cocok dengan game

Nah sedangkan untuk poin nomor 3 ini, biasanya hanya terjadi pada jenis game-game tertentu yang sifatnya “Lite” atau yang biasa sudah di compress / di perkecil dari ukuran game sebenarnya.

Beberapa script atau file tambahan yang berperan sebagai compatibilitas pada jenis variasi hardware “mungkin” saja telah di buang, sehingga memungkinkan terjadinya error jika perangkat hardware tidak sesuai.

Nah kaitannya dengan kasus GTA SA Lite ini adalah bagian GPUnya yang mungkin saja sudah di Cut oleh si modder game tersebut.

Sehingga kamu harus menambahkan script tambahan manual agar game GTA SA Lite bisa berjalan dengan baik pada jenis GPU ponsel android yang sedang kamu gunakan.

Apakah GPU yang di pakai itu Adreno, PowerVR, ataupun Mali tentu harus di sesuaikan / di edit terlebih dahulu.

Untuk cara pengeditan script GPU pada data game GTA SA Lite, bisa kamu ikuti langkahnya pada video di bawah ini.


Perhatikan betul-betul tiap langkahnya, jangan sampai salah.

4. OS Android error / rusak

Kemungkinan yang nomor 4, bisa saja malah OS Androidmu yang justru mengalami error software yang lumrahnya terjadi pada perangkat smartphone.

Jika memang masalahnya di karenakan hal ini, maka SOLUSI yang bisa kamu ambil adalah dengan cara RESET PABRIK, atau bisa juga dengan melakukan FLASHING pada ponsel android yang kamu gunakan.

Tutorial flashing pada setiap tipe android beda-beda. Silahkan cari langkah-langkahnya sesuai jenis dan tipe ponselmu.

Terlalu panjang jika harus di jelaskan disini.

5. Dan error lainnya...

Masih ada banyak kemungkinan lain yang bisa menyebabkan error pada suatu game. Bisa karena gamenya yang memang sejatinya error, ATAU bisa jadi pula malah kamu sendirilah yang error akibat terlalu banyak main game.

Oke selesai, ada pertanyaan???

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi GTA SA Lite Android Force Close saat Klik Offline. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

6 Komentar

  1. aku udh smaain gpu nya..tpi masih aja FC...gmna cara atasinya??mohon bantuanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan spek minimum nya udh trpenuhi...

      Hapus
  2. Ayo gan cek video satu ini untuk mengatasi force close atau crash GTA SA Android, semoga membantu.
    https://youtu.be/5siYkhkr3ag

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.