advanced web statistics Cara Mengatasi PC/Komputer di Shutdown tapi Kipas Masih Nyala (fix) - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Cara Mengatasi PC/Komputer di Shutdown tapi Kipas Masih Nyala (fix)

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
kipas/fan processor dan di fan PSU masih saja hidup/menyala, padahal sudah di shutdown
Kipas processor dan di fan PSU masih hidup/menyala, padahal sudah di shutdown
Singkat saja, tadi pagi baru saja saya menemukan sebuah masalah komputer dengan error yang agak aneh, yaitu kipas/fan processor dan di fan PSU masih saja hidup/menyala, padahal kondisi OS Windows sudah di shutdown dengan prosedur yang benar.

Tentu pada awalnya saya pun bingung, karena memang SAMA SEKALI belum pernah mengalami sebelumnya.

Akhirnya, cari SOLUSI di internet...

Beberapa saat kemudian, saya sengaja googling untuk cari-cari info mengenai permasalahan ini. Hingga akhirnya saya mendapatkan sebuah informasi dari kejadian kipas PC/Komputer masih saja menyala padahal sudah di shutdown.

Menurut info yang saya dapat, beberapa kemungkinan penyebabnya yaitu:

  1. Motherboard bermasalah
  2. PSU sudah drop
  3. CPU error (yang saya alami)

Sebagian besar website dan blog yang memberikan SOLUSI, mereka mengatakan kemungkinan masalahnya ada di Motherboard dan PSU/PowerSupply. Sedangkan di bagian CPU/Processor sangat-sangat jarang terjadi kerusakan.

Nah tapi, berbeda dengan yang saya alami tadi pagi...

Motherboard sudah saya coba ganti, namun permasalahan kipas tetap menyala masih saja terjadi. (sudah di uji coba shutdown berulang-ulang, masih sama)
Sudah coba ganti ke PSU Corsair VS450, kipas masih error/teru berputar
Sudah coba ganti ke PSU Corsair VS450, kipas masih error/teru berputar
Selanjutnya PSU/PowerSupply yang awalnya merk Votre 380watt, saya ganti dengan merk kelas atas Corsair VS450, masalah kipas tidak mati masih saja bersemayam di komputer jadul tersebut.

Permasalahan ada di CPU/Processor...

Semua SOLUSI di internet sudah saya lakukan, KECUALI nomor 3 tadi, yaitu bagian CPU/Processor kemungkinan bermasalah, walaupun kemungkinannya kecil.
Processor - Intel Core 2 Duo E4500
Processor - Intel Core 2 Duo E4500 - Socket 775
Saya berusaha mencari/meminjam processor socket 775 milik teman, yang kemudian langsung saya coba pasangkan di komputer jadul yang tadi bermasalah di kipas yang tidak mau mati setelah di shutdown tersebut.

Hingga akhirnya...

Problem SOLVED!!!

Dan memang benar, setelah mengganti CPU/processor yang lain TERNYATA permasalahan konyol tadi bisa teratasi. Proses shutdown bisa berjalan dengan semestinya di iringi dengan berhentinya perputaran kipas/fan processor yang menandakan bahwa komputer sudah 100% mati. đź‘Ť
Intel Pentium E5700 (Dual Core) - Socket 775
Btw, processornya saya ganti dengan yang lain, Intel Pentium Dual Core (E5700). Sama-sama menggunakan motherboard dengan socket 775.

Kesimpulan...

Jadi kesimpulannya adalah, jika PC/Komputer kamu mengalami error di bagian kipas tidak segera mati setelah di shutdown, maka yang perlu kamu curigai yaitu di bagian:


Udah, itu saja...

Tambahan...

Artikel ini sangat cocok untuk kamu yang menuliskan kata kunci:

  • pc/komputer mati tapi kipas power supply & processor nyala terus?
  • pc/laptop di shutdown lampu power masih menyala
  • lampu indikator laptop acer/asus/lenoovo nyala terus
  • sudah shutdown tapi kipas/fan masih hidup
  • lampu indikator charger laptop nyala terus

Semoga bisa membantu...

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi PC/Komputer di Shutdown tapi Kipas Masih Nyala (fix). Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.