advanced web statistics Perbedaan Video Youtube Jenis Pribadi, Publik, Tidak Publik & Dijadwalkan - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Perbedaan Video Youtube Jenis Pribadi, Publik, Tidak Publik & Dijadwalkan

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Jenis video Pubik, Pribadi dan Tidak Publik memiliki fungsi masing-masing.
Jenis video Pubik, Pribadi dan Tidak Publik memiliki fungsi masing-masing.
Ketika hendak mengupload video di Youtube, pada halaman upload tersebut kita akan di suguhkan suatu pilihan yang biasanya jarang di perhatikan oleh user uploader, yaitu jenis video Pubik, Pribadi dan Tidak Publik.

Sebagian besar (bagi yang pertama kali) tidak memperhatikan opsi ini. Mereka cenderung langsung klik upload, kemudian lanjut ke Publish saja. Itupun ada juga yang tidak mengisi deskripsi sama sekali, dan hanya mencari-cari kolom yang bertuliskan "Judul" saja.

Penjelasan jenis video Pribadi, Publik, Tidak Publik & Dijadwalkan...

Walaupun sebenarnya saya juga tergolong masih newbie dalam dunia per-Youtube-an, tapi boleh lah ya saya mencoba untuk menjelaskan secara singkat mengenai perbedaan antara jenis video Pribadi, Publik, ataupun juga jenis Tidak Publik.

Singkat saja, nggak usah panjang-panjang...

1. Pribadi

Video Pribadi
Video Pribadi
Jenis video ini akan membuat video yang kamu upload hanya bisa di akses oleh pemilik akun saja. Siapa pemilik akunnya? Ya si tukang upload tadi. Siapa si tukang upload? Ya siapa lagi, kamu!

Sedangkan orang lain yang mampir ke channel youtube kamu tidak akan bisa menemukan video tersebut. (dan tentunya tidak akan di index / masuk ke daftar pencarian keyword pengguna Youtube.

2. Publik

Video Publik
Video Publik
Jenis ini merupakan opsi default yang otomatis terSET oleh Youtube. Mode inilah yang di pakai jika kamu berniat berbagi video ke seluruh pengguna Youtube. Sebab, dalam jenis video "Publik" ini tentunya video kamu akan tertampil di Channel YT dan juga mesin pencari Google/Youtube.

Jika ingin cari uang di Youtube ya tentunya harus di setting Publik!

3. Tidak Publik

Tidak Publik
Tidak Publik
Sedangkan pada jenis video ini memungkinkan video yang kamu upload untuk bisa di lihat oleh orang lain, namun dengan syarat orang lain tersebut harus memiliki link videonya.

Jadi kamu harus buka dulu videonya (pake akun user uploader) kemudian copy alamat link/alamat video Youtube yang kamu upload tersebut, selanjutnya tinggal berikan link- video ke pengguna lain. (beda perangkat, beda akun, dll)

Intinya, video jenis ini masih bisa di buka oleh pengguna lain, TAPI harus punya link/alamatnya dulu. (minta sama yang punya)

Bedanya, jenis video ini tidak bisa seenaknya di akses semua orang. (hanya orang-orang tertentu yang memiliki link/alamatnya saja)

4. Dijadwalkan

Video Dijadwalkan
Video Dijadwalkan
Pada jenis video ini, video akan otomatis ter-publish dalam waktu yang telah di tentukan oleh si tukang upload. Jadi sebelum proses upload selesai, si tukang upload diharuskan untuk atur dulu jadwal/kapan video ini akan otomatis terpublish.

Kesimpulan...

Mode pilihan jenis video ini dimaksudkan untuk berbagai tujuan, antara lain:

  • Pribadi : Sangat RAHASIA, untuk pribadi saja!
  • Publik : Berbagi video, cari trafik, cari uang!
  • Tidak Publik : Berbagi video ke orang tertentu!
  • Dijadwalkan: Akan otomatis terpublish di waktu yang telah tentukan.

Gunakan sesuai kebutuhan...

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Perbedaan Video Youtube Jenis Pribadi, Publik, Tidak Publik & Dijadwalkan. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.