Kenapa PS3 Lemot saat Loading Game? Inilah 5 Penyebabnya

loading terasa lama
Kenapa PS3 tiba-tiba jadi lemot?
Ada kalanya PS3 menjadi lemot ketika dinyalakan. Entah itu pada posisi di XMB, ataupun saat loading game sedang berlangsung. Kejadian ini biasanya terjadi pada PS3 yang sudah berumur tua / bertahun-tahun di gunakan.

Nah sekarang pertanyaannya adalah, apa sih yang menyebabkan si PS3 ini tiba-tiba jadi lemot? Oke, silahkan baca artikel ini sampai tuntas!

Beberapa penyebab PS3 lemot!

Ada beberapa penyebab yang sejauh ini sudah saya temukan. Tapi perlu kalian katahui, bahwa ini hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi saja. (sedangkan pengalaman orang berbeda-beda)

Yang pertaman adalah...

1. Terlalu banyak history save game

jangan terlalu banyak save game
jangan terlalu banyak save game
Agak kecil kemungkinannya sih sebenarnya, tapi kalo save game di PS3 kamu udah menumpuk dan berlangsung selama bertahun-tahun, ternyata bisa juga lho jadi penyebab proses loading jadi sangat lama, bahkan terkadang stuck/freeze juga.

2. Terlalu banyak user account

terlalu banyak user account
terlalu banyak user account
Hampir sama seperti poin nomor 1, terlalu banyak file temporary berupa user account juga bisa berdampak pada saat proses loading game.

Selain itu, error lain yang bisa terjadi akibat user account yang acak-acakan adalah memungkinkan gagalnya PS3 dalam "preparing thropy" pada saat game dimulai pertama kali. (sering terjadi pada PS3 OFW HEN 4.84 - 4.85)

3. Hardisk sudah hampir rusak (bad sector)

hardisk sudah mulai lemah (bad sector)
hardisk sudah mulai lemah (bad sector)
Nah bagian inilah yang sangat-sangat sering terjadi, dan 80% hampir bisa dipastikan penyebab PS3 lemot di akibatkan oleh HDD / Hardisk (bad sector) yang sudah mulai lemah. Hingga menyababkan proses read/write menjadi lambat.

Lambatnya hardisk ini tentunya akan berdampak pada saat loading game terasa lama, ataupun juga bisa menyebabkan respon PS3 menjadi lemot saat navigasi di menu XMB.

4. Mesin PS3 yang bermasalah

kemungkinan mesin PS3 yg bermasalah
kemungkinan mesin PS3 yg bermasalah
Sedangkan yang ini bagi agak fatal, kenapa begitu?

Alasannya ya kemungkinan yang bermasalah di bagian rangkaian mesin / PCB PS3 itu sendiri. Jika memang yang bermasalah di bagian ini, orang rumahan biasa akan kesulitan dalam mengatasi kerusakan di bagian ini.

Apa masih bisa di perbaiki?

Masih bisa kok, tapi yang nomor 4 agak susah! 😥

SOLUSI, sesuai nomor urutan:

#1. Hapus save game yang sudah tidak kamu pakai.

Lebih bagus lagi jika di backup salah satu / beberapa game saja ke flashdisk, setelah itu remove all aja biar bersih. (kalo saya sih gitu)

#2. Hapus user account tidak penting

Bagi saya, maksimal 2 user account saja sudah cukup. (pemakaian pribadi)

Sedangkan yang digunakan untuk rental, ya terserah kalian aja ssuai kebutuhan. (ngaruh cuma dikit)

#3. Cek kesehatan hardisk

cek kondisi hardisk menggunakan HDD sentinel
cek kondisi hardisk menggunakan HDD sentinel
Kalo dirumah punya laptop, cobalah untuk mencopot hardisk PS3 kemudian cek pakai aplikasi "HDD Sentinel". (koneksikan HDD menggunakan enclosur eksternal / kabel sata to USB)
SSD merk GALAX 120GB
SSD merk GALAX 120GB
Silahkan cek kondisi kesehatan hardisk tersebut. Jika sudah menurun PARAH, mending ganti saja dengan hardisk laptop seken, atau ganti sekalian dengan SSD. 👌 (udah murah)

Kalian juga bisa mencoba perbaiki kesehatan Hardisk menggunakan HDD Sentinel di artikel yang sudah pernah saya buat sebelumnya. (kalo mau coba)

4. Mesin PS3 yang bermasalah?

mesin PS3 yang bermasalah
mesin PS3 yang bermasalah
Wah kalo yang ini sih nggak bisa berbuat banyak, lebih baik minta tolong ama teknisi PS3 saja.

Atau kalo kamu mau uji coba "rebuild database" PS3, mungkin masih ada harapan dalam mengatasi PS3 yang lemot tadi.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat beberapa hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan bagi kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, saran saya JANGAN langsung keluar. Mending liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Kenapa PS3 Lemot saat Loading Game? Inilah 5 Penyebabnya. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”