Cara Mengatasi UBL Macet di 50% “Couldn't Verify Device” (fix)

UBL Macet di 50% “Couldn't Verify Device”
UBL stuck di 50% “Couldn't Verify Device”
Ada beberapa ponsel Xiaomi yang saat proses UBL (unlock boot loader) benar-benar terasa gampang. Jadi tinggal 1 kali percobaan, bisa langsung berhasil.

Namun ada juga yang memang sangat-sangat sulit untuk UBL. Kamu diharuskan untuk menunggu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan untuk bisa melakukan proses UBL ini.

Durasi tunggu tiap ponsel pun berbeda-beda.

Ponsel Xiaomi tipe lama vs tipe baru.

Ini hanya berdasarkan pengalaman aja ya.

Jadi ponsel xiaomi keluaran tahun 2018 keatas, untuk sekarang memang agak sulit untuk melakukan UBL. 

Semakin ketat, semakin banyak syarat.

Mengatasi UBL Macet di 50%

Sejauh ini ada beberapa trik yang saya temukan dalam mengatasi permasalahan UBL MIUI yang berhenti / macet di 50% (muncul juga penjelasan “Couldn't Verify Device”.

Nah bagi kamu yang saat ini mengalami error UBL yang mecet di 50% “Couldn't Verify Device”, bisa mencoba beberapa cara dibawah ini.

1. Pastikan kabel original bawaan HP

Usahakan kabel data yang kamu gunakan merupakan 100% original bawaan HP. Karena beberapa kasus proses UBL, flashing, dll yang gagal dikarenakan kabel data yang kurang berkualitas, kurang kompatibel, hampir putus, dll.

Dan kalau memang udah tidak ada kabel bawaan HP, gunakanlah kabel merk terpercaya yang memang udah terkenal memiliki kualitas yang bagus. Beberapa rekomendasi merk kabel data yang bagus seperti Robot, Vivan, Acmic, dll.

2. Pastikan konektor USB kondisi baik

Coba pindah ke port USB lain kemudian ulangi langkah UBL. Biasanya, beberapa port USB memiliki tingkat kesuksesan transfer data yang beda-beda. Terutama jika kamu menggunakan perangkat PC / komputer.

Seperti pada PC yang saya gunakan, port PC bagian depan memiliki masalah arus voltase yang tidak stabil, hal ini menyebabkan proses transfer data jadi bermasalah pada perangkat HDD enclosure, Ponsel, dll.

Cobalah pindah ke port USB lain, atau jika memungkinakan pakai saja laptop.

3. Pastikan OS Windows kondisi 100% sehat

Bisa jadi OS Windows yang kamu gunakanlah yang bermasalah. Entah itu gara-gara virus yang aktif, sehingga mengganggu proses yang berjalan di Windows.

Atau bisa juga antivirus yang memblokir program terkait.

Jadi pastikan kondisi sistem operasi berjalan dengan semestinya.

4. Aktifkan USB Debugging & OEM

Beberapa ponsel mengharuskan USB Debugging & OEM dalam keadaan aktif. Untuk jaga-jaga, lebih baik kamu aktifkan saja, sebelum melakukan proses UBL.

5. Tunggu 3 - 4 hari lagi

Jika semua hal diatas tadi sudah kamu lakukan dan masih gagal UBL di 50%, cobalah untuk menyisihkan waktu tunggu 3 - 4 hari lagi. Setelah itu coba lakukan proses UBL ulang.

Hal ini pernah saya alami pada Xiaomi Redmi 10C yang selalu gagal 50%. Lalu biarkan 3 - 4 hari dengan proses yang sama tanpa ubah apapun, proses UBL berhasil.

Entah karena hal kecil apa yang membuatnya tiba-tiba berhasil. Intinya proses UBL aku skip 3 harian semenjak gagal di UBL pertama & kedua.

Fix “Couldn't Verify Device”, stuck 50%

Trik ini udah berhasil aku coba di ponsel Xiaomi tipe:

  • Redmi Note 8
  • Redmi Note 9 Pro
  • Redmi 10C
  • POCO M3
  • POCO X3 Pro

Kedepannya, kemungkinan list ponsel akan bertambah.

Akhir kata...

Jadi itulah beberapa tips atau trik yang udah aku temukan dalam mengatasi HP Xiaomi MIUI yang mengalami stuck / macet di angka 50% pada saat UBL.

Perlu diingat, poin-poin diatas hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi yang tidak sengaja saya temukan dan memang berhasil di HP yang aku gunakan. Sedangkan untuk tipe HP lain, bisa aja berbeda... 

Kalo kamu beruntung, mungkin bisa berhasil juga menggunakan cara yang sama.

Oke itu aja untuk tulisan kali ini, setelah sekian lama vakum.

Kalau ada yang mau ditanyakan berkaitan dengan permasalahan diatas, silahkan tulis aja di kolom komentar. Kalau memang bisa dijawab, akan aku jawab! 👌