advanced web statistics 5 Cara Mempercepat Bluestack 3 agar RINGAN dan tidak LAG / Lemot - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

5 Cara Mempercepat Bluestack 3 agar RINGAN dan tidak LAG / Lemot

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Bluestack 3 yang sekarang super BERAT, mending lakuin cara ini dulu.
Bluestack 3 yang sekarang super BERAT, mending lakuin cara ini dulu.
Halo sob, saya dari RezaNauma.com akan membagikan sebuah tutorial yang berkaitan dengan emulator PC / Laptop, yaitu tentang bagaimana Cara Mempercepat Bluestack 3 agar peformanya menjadi RINGAN dan tidak LAG/Lemot lagi.

Cara ini sudah saya coba lakukan sendiri di PC yang saya gunakan sehari-hari, dan memang ada perbedaan SEBELUM dan SESUDAH, walaupun hanya sedikit. (dari pada tidak berusaha sama sekali)

Baiklah, ini dia caranya…

Mempercepat Bluestack 3 agar tidak LAG

1. Kurangi aplikasi yang aktif di BACKGROUND

1. aplikasi otomatis aktif di background
1. aplikasi otomatis aktif di background
Hal paling awal yang perlu kamu lakukan yaitu mengurangi aplikasi TIDAK PENTING yang aktif di latar belakang. Pastikan bahwa semua aplikasi yang aktif itu memang benar-benar yang kalian butuhkan saja.

Untuk caranya, kamu bisa menggunakan bantuan Task manager, pilih bagian Startup, kemudian pilih disable pada beberapa aplikasi yang kamu anggap tidak terpakai. (updater, onedrive, dll) Tinggal sesuaikan saja.

2. Kurangi services windows yang aktif di BACKGROUND

2. disable services tidak penting
2. disable services tidak penting
Untuk nomor 2 ini sebenarnya merupakan “pelengkap” dari poin nomor 1 tadi. Dengan melakukan pengurangan beberapa “program” dan “services” secara bersamaan, maka akan memungkinkan bertambahnya peforma yang lebih optimize lagi.

Sedangkan untuk Cara & Daftar services OS Windows mana saja yang AMAN untuk di hentikan, kalian bisa baca di artikel saya yang berjudul 20 Services OS Windows yang aman untuk di hentikan. (berlaku untuk Windows 7, 8 dan 10)

Silahkan di baca!

Lanjut, ke poin nomor 3…

3. Kurangi/ubah Resolusi Bluestack

3. Ubah & turunkan resolusi
3. Ubah & turunkan resolusi
Bagi kamu yang belum tau, pada Bluestack versi 3 sebenarnya sudah di lengkapi dengan kemampuan custom resolution yang bisa kamu manfaatkan sebagai upaya mempercepat peforma Bluestack 3.

Menu pengaturannya ada di Setting ->> Display ->> Custom Size

4. Kurangi jumlah RAM Bluestack

4. turunkan jumlah core & RAM pada emulator
4. turunkan jumlah core & RAM pada emulator
Masih sama di bagian menu Setting pada emulator Bluestack tadi, silahkan menuju ke Setting ->> Engine ->> Core CPU & RAM Allocated

Di bagian menu tersebut kalian dapat mengatur jumlah Core dan juga jumlah virtual RAM yang di alokasikan ke program Bluestack. Dan yang harus kamu lakukan adalah menurunkan nilai Core & RAM sesuai kemampuan PC / Laptop kamu.

5. Gunakan Bluestack versi sebelumnya

Bluestack 1 versi 0.10.0.4321
5. Bluestack 1 versi 0.10.0.4321
Nah untuk poin nomor 5 ini merupakan cara terakhir yang bisa saya berikan kepada kamu-kamu yang susah move on dari emulator Bluestack. (alias, udah terlanjur terbiasa dengan emulator satu ini)

Cara terakhir yang saya maksud itu adalah dengan beralih menggunakan emulator Bluestack versi 1 atau versi pertama-nya saja. (lebih tepatnya, Bluestack 1 bulit 0.10.0.4321)

Sebab, menurut pengalaman saya selama menggunakan Bluestack, versi 1 adalah versi yang paling optimal & tidak terlalu menuntut akan sumber daya hardware.

Paling ringan, nggak neko-neko, dan nggak banyak iklan.

Nyari Bluestack 1 (0.10.0.4321) dimana bang???

Nih, silahkan unduh via Google Drive, langsung aja klik. (tanpa skipAds)
Bluestack 1 Build 0.10.0.4321 via Google Drive..."
Beritahu saya jika ada link yang rusak...

Catatan…

Sebelum itu perlu diingat ya sob, bahwa cara ini tujuan UTAMANYA hanya untuk mengoptimalkan di bagian OS / software-nya saja. Jadi, seberapa jauh perubahan yang kalian dapatkan, itu masih tergantung pada spesifikasi dan seberapa “KUAT” PC/Laptop yang saat ini kalian gunakan.

Oleh karena itu, bagi yang spesifikasi-nya masih di bawah standart (misalnya saja Dual Core kebawah), saya harap untuk menurunkan espektasinya agar tidak terlalu “over” dalam mengharapkan peforma Bluestack 3 akan jauh meningkat.

Seperti yang saya tulis tadi, poin-poin di atas hanya memastikan bahwa “kesehatan” OS Windows yang kalian gunakan itu sudah berada di peforma terbaiknya dalam menjalankan aplikasi Bluestack 3.

Sebenarnya masih ada cara yang paling AMPUH dan terbukti 100% BERHASIL mengatasi LAG Bluestack, yaitu dengan membeli hardware baru sesuai minimum requirement dari Bluestack 3. Silahkan baca dulu tips membeli laptop bekas, namun tetap murah & berkualitas.

Itu saja, silahkan komen kalo ada pertanyaan…

UPDATE: 1 Oktober 2018

Beberapa hari yang lalu telah di rilis versi emulator paling baru, yaitu Bluestack 4.
emulator paling baru, yaitu Bluestack 4.
Emulator paling baru, yaitu Bluestack 4.
Tampilan user interface baru Bluestack 4.
Tampilan user interface baru Bluestack 4.
Dari segi tampilan, sekilas terlihat masih sama seperti Bluestack 3. Sedangkan untuk peforma, masih sama jg seperti dulu... (beratt!) Ingin coba? Silahkan langsung menuju & download di website resmi Bluestack 4.

Sekian…

Itulah artikel mengenai 5 Cara Mempercepat Bluestack 3 agar RINGAN dan tidak LAG / Lemot. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih (Diperbaharui 01/09/2018)
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

8 Komentar

  1. terimakasih informasi sangat bermanfaat semoga terus berjaya

    BalasHapus
  2. gan saya udah download dan install bluestacks ver 1, tapi pas di loading malah force closed

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek spesifikasi...
      cek "kesehatan" OS Windowsnya...
      coba tutup, kemudian buka lagi Bluestack-nya...

      Hapus
  3. barusan udah nyoba versi 4, bener2 lemot tiada tanding, padahal pake laptop i7, ram b, SSD 128GB ( masih kosong banyak ), sementara ngikutin sarannya untuk kembali ke versi pertama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bluestack 1, support apps/game nya lbih sdikit...

      Recomended pake MEMU Emulator aja...

      Hapus
  4. Balasan
    1. udah jadi hal biasa file2 "modifikasi" di anggap berbahaya bagi beberapa antivirus. di anggap bahaya, karena merugikan depeloper (udh di utak-atik software originalnya)

      Intinya... bahaya bagi developer, tp untuk user biasa gk ngaruh. (justru di untungkan, krna dpet klebihan dri software MODIFIKASI)

      bluestack yg kmu unduh udah di MOD, agar auto "rooted" ketika selesai di install 👍

      Hapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.