Review: Kualitas PSU GAMEMAX GP450/550/650, Bagus atau Jelek?

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Pengalaman memakai PSU GAMEMAX GP450
Pengalaman memakai PSU GAMEMAX GP450
Sekitar 1 bulan yang lalu, Corsair VS450 adalah Power Supply (PSU) utama dari PC yang saya gunakan sehari-hari untuk main game, editing video dan segala aktifitas komputasi umum. Btw, PSU ini saya beli dari tokopedia.

Baca: SOLUSI: AMD Ryzen 3 2200G VIDEO_TDR_FAILURE~Atikmpag.sys

Nah tapi, semua itu berubah ketika PSU tersebut mengalami drop, alias sudah tidak kuat lagi mengalirkan daya "standart" yang dibutuhkan sebuah PC. Jadi ketika di hidupkan, si PC kesayangan ini terkadang mendadak mati secara tiba-tiba.

Dan ketika PC dalam posisi mati tersebut, tentu yang harus saya lakukan adalah menekan tombol power (lagi) secara manual. Hal itu sangatlah menjengkelkan + agak ngeri juga, karena takut data-data jadi corrupt, ATAU bahkan hardisk-nya yang rusak total. (baca: Perbaiki hardisk rusak/sentinel menurun)

Belum lagi dengan kemungkinan merembetnya kerusakan di komponen lain seperti motherboard, RAM, processor dan juga hardisk (tadi sudah saya sebutkan) tentu akan menambah "kengerian" dalam peristiwa PC mendadak mati bagaikan telat membayar tagihan istrik.

Memutuskan untuk beli Power Supply baru...

Nah singkat cerita, akhirnya saya memutuskan untuk membeli sebuah PSU/Power Supply baru, karena tidak ingin terus-terusan mengalami kejadian PC mati secara tiba-tiba tersebut. (ada banyak data penting yang tak ternilai harganya disana)

Pemilihan power supply tersebut, jatuh kepada merk GAMEMAX GP450 yang saya dapatkan di tokopedia dengan harga Rp. 429.000 Rupiah. Penampakan barangnya kira-kira seperti ini:
GAMEMAX GP450 - Beli di tokopedia
GAMEMAX GP450 - Beli di tokopedia
Dan ketika sampai rumah, bentuk fisiknya seperti ini:
GAMEMAX GP450 - Bentuk fisik secara langsung
GAMEMAX GP450 - Bentuk fisik secara langsung (kerdusnya besar)
Alasan saya memilih PSU GAMEMAX GP 450W, ya karna apalagi coba? so pasti karena harganya MURAH!!! :')

Mohon jangan ditiru... Sekarang nggak lagi-lagi bakal beli PSU harga murah...

Mending nabung dikit, nambah 100rb - 200rb an nggak masalah. Dari pada PC kesayanganmu muncul kembang api dari dalam casing.

Pengalaman: Menggunakan PSU GAMEMAX GP450

Terhitung sejak pembelian sekitar 1 bulan yang lalu, hingga sekarang masih normal-normal aja. Belum ada percikan api ataupun asap yang keluar dari dalam case. :') (klo dibayangin, lumayan serem)

Nah itu untuk "saat ini", nggak tau kalo besok!

Sebab, pernah juga saya menanyakan perihal tentang kualitas PSU GAMEMAX ini di grup FB Indonesian PC Builder Forum (Official). Dan sebagian besar orang-orang yang berkomentar menjawab bahwa PSU GAMEMAX itu kualitasnya JELEK.

Kalo mau liat, nih screenshotnya ada di bawah...
Kata orang2, PSU GAMEMAX itu JELEK!!!
Kata orang2, PSU GAMEMAX itu JELEK!!!

Gak bakal meledak, cuma keluar asep
Gak bakal meledak, cuma keluar asep

PSU GAMEMAX = Pesta Kembang Api
PSU GAMEMAX = Pesta Kembang Api

Budayakan tanya dulu, sebelum beli...
Budayakan tanya dulu, sebelum beli...

PSU GAMEMAX jangan di pake OC CPU (auto meledak)
PSU GAMEMAX jangan di pake OC CPU (auto meledak)
Kira-kira seperti di ataslah komentar para netizen di group FB Indonesian PC Builder Forum (Official) tersebut. TAPI untuk "sekarang", jujur saya belum mengalami gejala aneh yang di sebutkan orang-orang di atas.

Lagi-lagi saya ulangi, itu untuk "sekarang" dan nggak tau kalo besok!

Mungkin akan saya pakai sampai sekitar 4 - 6 bulan lagi kedepan, masih bisa bertahan nggk ya kira2?

Oh iya, spesifikasi PC yang saya gunakan tidak terlalu butuh daya watt yang tinggi sebenarnya. Kalo mau lihat, ini dia spesifikasi singkatnya:

  • Processor: AMD Ryzen 3 2200G (4C /4T)
  • Memory: Team Elite 8GB (2x4 2666Mhz)
  • GPU: AMD Radeon Vega 8 (2GB VRAM)
  • OS: Windows 10 Pro 1809 (x64)

Note: CPU: stock | GPU: OC 1200Mhz (voltase: auto) | RAM: stock

Sama aja, barang-barang diatas saya beli di tokopedia. Kalo pengen liat, cerita lengkapnya ada di Percobaan PC Baru AMD Ryzen 3 2200G!!! (kala itu, masih pakai PSU Corsair VS450)

Kebutuhan power untuk CPU (AMD Ryzen 3 2200G) hanya sekitar 65 watt. Sedangkan VGA/GPU yang di gunakan hanya onboard/bawaan processor, yaitu Radeon Vega 8. (jumlah vram saya set 2GB)

Mungkin kalo misalkan di tambah 1 VGA eksternal yang membutuhkan power pin seperti Nvidia GTX 1080, bakal bikin merinding sampe ke tulang-tulang.

Kesimpulan...

Hemm, agak susah juga mau nyimpulin apa... Pemakaian aja baru sekitar 1 bulan. Mungkin besok-besok aja, artikel ini bakal saya update. (kalo mau)

Intinya, untuk pemakaian "saat ini" masih normal tanpa kendala. Kendalanya ya cuma bikin merinding aja, gara-gara baca komen para netizen yang maha benar dengan segala celotehannya.

Tapi di samping itu, ada juga yang pemakaiannya hingga 6 bulan, bahkan bertahun-tahun masih bisa jalan normal. Mungkin faktor bejo, atau apapun itu.

Udah ya, sekian aja dulu...

Tambahan...

Ohh iya lupa, sekedar mau nambahin spesifikasi lengkap dari PSU GAMEMAX yang saat ini saya pakai:

Featured...

  • Compatible dengan ATX12V 2.3.
  • High-end SECC black coating casing.
  • Efisiensi Tinggi 85+ Certified.
  • Noise Rendah 13.9cm dengan pengontrol kecepatan kipas.
  • Mendukung VGA high end modern PCIe 6+2pin.
  • Powerful dual +12V rails offer stable DC output.
  • Panjang Kabel hingga 500mm.

Tipe/varian...

  • GAMEMAX GP 400, 450, 500, 550, 650 80+ Bronze
  • GAMEMAX GS 250, 275, 300 80+ Bronze
  • GAMEMAX GT250G, 275, 300 80+ Bronze
  • GAMEMAX RGB Smart Series
  • GAMEMAX Bitcoin Mining Power
  • GAMEMAX GM Gold Platinum
  • GAMEMAX GM Modular
  • GAMEMAX GE Eco Gamer
  • GAMEMAX GT TFX Range

Sumber: http://www.gamemaxpc.com/product/

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

UPDATE: 27 November 2018

Harga sekarang sudah turun, jadi sekitar Rp.390.000
Terhitung sejak pembelian 18 Juni 2018 kemarin, lama pemakaian PSU Gamemax GP450 ini sudah hampir 6 bulan. Dan itupun sudah saya tambahkan kartu grafis AMD Radeon RX460 (4GB VRAM) yang butuh power 6 pin tambahan.
Sapphire: AMD Radeon RX460 (4GB)
Sapphire: AMD Radeon RX460 (4GB)
Hasilnya, PSU ini ternyata masih bisa bertahan dan bisa berfungsi dengan normal. Sejauh ini tidak ada istilah meleduk, ataupun keluar asep yang ramai di perbincangkan para netizen di grup Facebook. (PC Builder)


Kalo mau lihat uji coba maen GTA5 (MAX Setting), klik aja video diatas. ๐Ÿ‘Œ

UPDATE: 08 April 2019

Spesifikasi masih sama, dan sejauh ini si GAMEMAX GP450 masih normal2 aja sampai sekarang.

  • Processor: AMD Ryzen 3 2200G (4C /4T)
  • Memory: Team Elite 8GB (2x4 3000Mhz)
  • GPU: Sapphire RX 460 (4GB VRAM)
  • OS: Windows 10 Pro 1809 (x64)

Ketika menggunakan RX 460, kondisi GPU integrated (vega8) otomatis disabled. (kirain dulu bakal terbaca dualGPU layaknya sebuah laptop IntelHD + Nvidia)

Untuk RAM TeamElite Plus (2666MHz) tadi, saya overclock agar berjalan di kecepatan 3000MHz (CL16 - 18 - 18 - 36 - 1T)
TeamElitePlus (2666MHz di OC ke 3000MHz)
TeamElitePlus (2666MHz di OC ke 3000MHz)
CL16 - 18 - 18 - 36 - 1T
CL16 - 18 - 18 - 36 - 1T
Sedangkan di bagian DRAM Voltage saya naikan jadi 1.360V.

Voltase di angka 1.200V sebenarnya sudah bisa jalan di 3000MHz, TAPI di beberapa game bakal ada yang force close. (contoh: Grand Theft Auto V)

UPDATE: 11 Juli 2019

Motherboard yang awalnya ASRock A320M-HDV, sekarang sudah saya ganti menjadi MSI B450M PRO-VDH. Bukan karena rusak, tapi tujuan sebenarnya untuk persiapan/rencana upgrade processor ke AMD Ryzen seri 3000. ( ͡° ͜ส– ͡°)

Bisa dilihat, ini adalah histori penjualan mobo ASRock A320M-HDV yang saya jual lewat Bukalapak. (sekedar ngasih tau, bahwa keadaan motherboard masih dalam kondisi terbaik)
Riwayat penjualan mobo a320 via bukalapak. (misal, klo ada yg nanya)
Riwayat penjualan mobo a320 via bukalapak. (misal, klo ada yg nanya)
Sedangkan di bawah ini, adalah motherboard pengganti yang "saat ini" saya pakai.
Motherboar pengganti, MSI B450M PRO-VDH
Motherboar pengganti, MSI B450M PRO-VDH
Dan ada 1 hal lagi yang ingin saya sampaikan... ๐Ÿ˜Œ

Yaitu pada RAM TeamElite Plus (2666) yang dulunya hanya bisa mentok OC di 3000Mhz ketika pakai ASRock A320, sekarang bisa jalan + stabil di 3200Mhz dengan konfigurasi/timing yang lebih ketat, yaitu CL16-18-18-36.

Sedangkan pada ASRock A320 sebenarnya bisa di 3200Mhz juga, tapi harus jalan di CL18-18-18-36. (jika dipaksakan CL16 akan blank layar hitam)

Oke, itu saja info tambahannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Review: Kualitas PSU GAMEMAX GP450/550/650, Bagus atau Jelek? Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih... (Diperbaharui 11/07/2019)
Jangan gampang percaya omongan org, apalagi sekedar ikut2an doang (padahal blm pernah cobain sendiri...๐Ÿ‘Œ)
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”