advanced web statistics Terlalu Sering Tekan Tombol "RESET" pada Casing PC, Apakah Bahaya? - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Terlalu Sering Tekan Tombol "RESET" pada Casing PC, Apakah Bahaya?

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
PC hang, jadi sering menekan tombol reset :'(
PC hang, jadi sering menekan tombol reset :'(
Beberapa menit yang lalu, PC yang saya pakai sehari-hari mengalami error. Nah error yang saya maksud disini yaitu pada layar monitor tidak tampil apa-apa. Jadi yang bisa dilihat hanyalah layar hitam + tulisan no input/source HDMI / D-SUB. (VGA)

Baca: SOLUSI: AMD Ryzen 3 (2200G) VIDEO_TDR_FAILURE~Atikmpag.sys

Sedangkan si PC tersebut kondisinya masih menyala (kipas casing, kipas processor, kipas VGA semua masih berputar dengan normal seperti biasanya).

Menurut beberapa info yang pernah saya baca, keadaan no dislay tersebut disebabkan karena si monitor tidak mendeteksi sumber input apapun dari perangkat/komputer yang ada. Maka dari itu ia (monitor) hanya tampil layar hitam + tulisan no input source. (atau kalimat) semacamnya.

Terpaksa tekan tombol RESET...

Cukup tekan tombol "reset" pada casing PC
Cukup tekan tombol "reset" pada casing PC
Seolah-olah ini adalah error "khusus" yang hanya dimiliki PC yang saya gunakan, yaitu saya harus menekan tombol "reset", kemudian PC akan restart, selanjutnya barulah layar yang tadinya layar hitam menjadi tampil logo Windows. (dapat hidup normal)

Yap seperti itu... Cukup tekan tombol "reset" pada casing PC, maka masalah no display / no input / no source sudah bisa saya atasi (PC jadi hidup + layar tampil dengan normal). Entah apa penyebabnya kenapa bisa seperti itu, masih menjadi misteri.

Sebab, kemungkinan besar akan berbeda dengan PC milik orang lain, yang tidak serta-merta AUTO normal jika hanya menekan tombol "RESET" saja. Beberapa hal yang harus dilakukan jika mengalami layar no display, no input, atau semacamnya itu seharusnya seperti ini:

  1. Cabut / pasang ulang kabel HDMI / D-SUB
  2. Cabut / pasang RAM (bersihkan bagian kuning)
  3. Cek monitor (voltase tidak stabil, mungkin)
  4. Cek tegangan power supply
  5. Dan lain-lain...

Umumnya, jika mengalami kejadian layar hanya tampil hitam + muncul tulisan no input display ya cukup lakukan cek seperti yang saya tuliskan di atas tadi aja. (hanya berdasarkan pengalaman, bukan 100% fakta PASTI harus seperti itu)

Nah beda cerita dengan PC yang saat ini saya pakai 😐

Jika kumat lagi error PC hidup namun layar monitor hanya gelap/hitam, yang saya lakukan cukup dengan tekan tombol "reset" 1x, langsung auto beres. (untuk saat ini, nggak tau kalo besok)

Pertanyaanya, sering RESET apakah bahaya?

Barulah setelah terlalu sering melakukan tombol "reset", munculah pertanyaan dibenak pikiran:
Apakah tidak masalah, jika terus melakukan hal ini? (reset)
Yang saya takutkan, tombol reset ini jangan-jangan malah nggak ada bedanya dengan menekan/tahan tombol POWER ketika PC masih menyala di tampilan desktop. Kalo yang itu jelas bikin rusak hdd, motherboard, dll. (langsung OFF jebrett, tanpa prosedur shutdown yang baik)

Hmmm... pusing!!!

Seperti judul di artikel, Terlalu Sering Tekan Tombol "RESET" pada Casing PC, Apakah Bahaya? Kalo ada yang nggak sengaja kesasar di artikel ini, tolong beri tahu ya... (kasi saya pencerahan) 😣
Sekian dan terima kasih...

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.